Tips Istri Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Finansial

Bagi para istri, lakukan beberapa tips berikut agar lebih mudah mengatur keuangan suami.

Hidup bersama setelah Anda berkeluarga tidak semudah yang dibayangkan. Baik suami maupun sang istri, keduanya harus menyamakan visi dan misi agar semua urusan rumah tangga dapat berjalan dengan lancar. Terlebih lagi dalam mengatur keuangan rumah tangga. Baik suami maupun istri harus saling mendukung dan membagi tugas. Suami memiliki kewajiban memberi nafkah, sementara para istri mengatur segala hal yang ada dalam rumah tangga, termasuk keuangan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para istri agar lebih mudah mengatur keuangan rumah tangga.

Berikut ini adalah tips atau kunci sukses mengatur keuangan keluarga yang dapat dilakukan para istri di rumah.

1.Membuat Anggaran Rumah Tangga

Manajemen keuangan rumah tangga juga sangat dibutuhkan. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar keuangan rumah tangga dapat terkontrol. Selain itu, membuat anggaran rumah tangga akan membuat Anda para istri dapat mengetahui kebutuhan yang harus didahulukan. Para istri harus mengetahui jumlah gaji yang diterima suami dalam jangka tertentu. Anda bisa mematok mingguan atau bulanan. Setelah mengetahui jumlah gaji, cobalah untuk membagi anggaran. Anda dapat mengelompokkan berbagai kebutuhan, misalnya, kelompokkan kebutuhan makanan, keperluan pakaian, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Jangan lupa menyisihkan anggaran untuk menabung.

2.Jangan Konsumtif

Istri harus bisa mengurangi hal-hal yang bersifat konsumtif dalam rumah tangga. Misalnya, lebih memilih untuk makan di luar daripada mengolah makanan sendiri. Istri atau suami harus bisa memasak sendiri untuk keperluan keluarga. Selain higienis, memasak sendiri juga menghemat pengeluaran. Tidak hanya dalam hal makanan, istri juga dapat mengatur fasilitas rumah tangga. Misalnya, jika keuangan rumah tangga sedang sulit, cobalah untuk mengurangi fasilitas seperti AC, mobil, Tv kabel, dan sebagainya.

3.Bayar TagihanĀ  Bulanan Tepat Waktu

Tagihan bulanan harus segera dibayarkan agar tidak menumpuk di kemudian hari. Istri dapat meminta suami untuk membayar tagihan bulanan secara tepat waktu. Data semua tagihan bulanan yang harus dibayar, dimulai dari tagihan listrik, air, kontrakan rumah jika memang mengontrak, dan sebagainya. Anggaran untuk tagihan bulanan harus tersedia setiap bulannya.

Salah satu tagihan bulanan adalahlistrik. ( koinworks.com )

4.Istri Harus Jeli

Dalam berbelanja, istri harus jeli. Istri lebih mengetahui kebutuhan rumah tangga secara detil daripada suami. Kejelian juga harus diterapkan ketika berbelanja kebutuhan rumah tangga. Cobalah untuk melakukan 3 hal ketika membeli kebutuhan rumah tangga, yaitu memprioritaskan, membandingkan, menawar. Meskipun terdengar remeh, namun ketiga hal tersebut benar-benar membantu dalam menghemat anggaran.

5.Rencanakan Kehamilan

Merencanakan soal kehamilan harus dilakukan terlebih dahulu. Baik suami maupun istri harus siap menghadapi kehidupan finansial pasca kehamilan. Cobalah untuk mendiskusikannya dengan suami terkait finansial. Hal-hal yang berkaitan dengan keuangan rumah tangga memang harus diatur dengan baik. Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas untuk mengatur keuangan rumah tangga. Semoga bermanfaat.