Rizky Faidan, Atlet Muda Indonesia Cabang ESport Dengan Segudang Prestasi

Sport

Rizky Faidan menjadi andalan Indonesia dalam cabang olahraga esport sejak ia masih berumur 13 tahun

Dalam gelaran Asian Games 2018 tahun lalu, masuknya esport dalam cabang olahraga banyak mendapat perhatian publik. Saat ini olahraga tidak hanya melakukan aktifitas fisik saja, seperti berlari, angkat beban dan lain sebagainya, namun juga olahraga yang tanpa melibatkan aktifitas fisik, seperti catur, bridge bahkan juga esport.

Esport dikategorikan sebagai olahraga, dikarenan membutuhkan konsentrasi yang luar biasa, dan juga memerlukan daya tahan tubuh yang tinggi. Salah satu jenis olahraga esport adalah, Dota2, Pro Evolution Soccer (PES) ataupun yang bisa dimainkan melalui smart phone, seperti, Mobile Legend dan juga Arena of Valor (AOV). Esport diselenggarakan pertama kali di Amerika tepatnya di Universitas Stanford pada 19 oktober 1972.

Di Indonesia sendiri juga sudah sering digelar acara esport dari tingkat lokal, hingga nasional. Salah satu atlet muda Tanah Air dalam cabang Olahraga esport adalah Rizky Faidan. Kala itu Faidan mewakili Indonesia dalam gelaran Asian Games 2018 lalu, namun sayang-seribu sayang, nama Faidan harus didiskualifikasi, karena belum memunuhi syarat minial umur. Saat itu umur Faidan baru menginjak 15 tahun, sedangkan untuk dapat berkompetisi di Asian games harus berumur minimal 16 tahun

Apa saja prestasi yang pernah ditorehkan Faidan ? Berikut ulasanya.

Rizky Faidan saat bertanding dengan Pemain PES asal Vietnam dalam PES League SEA Finals 2019
(Hybrid.co.id )

1.Juara PES League SEA Finals 2019

Faidan mampu meruntuhkan dominasi Vietnam dalam Kompetisi PES SEA Finals 2019 yang digelar di Thailand E-Sports Arena. Dalam kompetisi PES se-Asia tenggara tersebut, Faidan mampu menggasak jagoan dari tujuh Negara Asia Tenggara, antara lain: Vietnam, Myanmar, Thailand, Singapura, Laos, Kamboja, dan Malaysia.

2.Menjadi atlet esport termuda yang berlaga di SEA Finals Vietnam pada tahun 2016.

Nama Rizky fadian menjadi perbincangan dikalangan pemain profesional PES pada tahun 2016. Saat itu Faidan menjadi wakil termuda dari Indonesia yang berkompetisi pada PES League SEA Finals di Vietnam .  saat mengikuti kompetisi tersebut Faidan masih berumur 13 tahun.

3.Menjadi wakil Indonesia dalam ajang Asian Games

Saat gelaran Asian Games 2018 tahun lalu, Faidan menjadi Andalan Indonesia dalam cabang E-Sports, namun sayangnya Faidan Harus didiskualifikas dikarenakan belum memenuhi syarat umur.

Meskipun Rizky Faidan tergolong memiliki umur yang sangat muda, namun faidan bukanlah anak muda sembarangan dijagat kompetisi PES Indonesia, sejak Faidan masih berusia 13 tahun. Tercatat, sudah tiga kali ia lolos ke babak final Liga 1 PES dan dua kali menjadi andalan Indonesia di SEA finals sejak  2016 lalu.