/Macam Gaya Permainan Sepak Bola di Dunia

Macam Gaya Permainan Sepak Bola di Dunia

Permainan sepak bola terus mengalami perkembangan, termasuk dari sisi gaya permainan. Beberapa macam gaya permainan sepak bola yaitu sebagai berikut.

Kabar dunia sepak bola terus diperbincangkan. Berbagai perkembangan juga terus dikabarkan. Perkembangan tersebut berada dalam segala aspek, baik teknologi yang dipakai, para pemain, dan tentu saja dalam segi gaya permainan. Gaya permainan sepak bola menjadi salah satu ciri khas yang ditonjolkan oleh masing-masing tim.

Gaya permainan juga menjadi materi sepak bola yang patut dibanggakan.

Dalam perkembangan sepak bola, ada beberapa gaya yang dimiliki. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Beberapa gaya permainan sepak bola yang menghiasi galeri sepak bola dunia adalah sebagai berikut.

1.Kick and Rush

Gaya ini sering diidentikkan sebagai salah satu gaya permainan tim bola dari Inggris klasik atau tempo dulu. Kick and rush dapat diartikan sebagai tendang dan serbu. Gaya permainan ini juga menjadi salah satu strategi untuk memukul mundur lawan. Gaya ini termasuk dalam gaya permainan yang sederhana, memadukan unsur kekuatan dan kecepatan.

Untuk melakukan Kick and rush, seseorang atau sebuah tim harus mengandalkan 2 hal, yakni kecepatan dan stamina fisik. Dua hal tersebut akan sangat dibutuhkan untuk menggempur lawan dari sektor sayap dan crossing-crossing mematikan.

2.Jogo Bonito

Gaya Jogo Bonito merupakan sebuah gaya permainan yang berasal dari Brazil. Jogo Bonito berasal dari bahasa Portugis yang berarti permainan indah. Gaya ini sangat diandalkan oleh tim-tim yang berasal dari Brazil. Jogo Bonito mengandalkan skill individu dan kerja sama antarpemain.

Skill yang dimiliki para pemain Brazil bukan hanya skill sepak bola biasa. Mereka memiliki kemampuan mengolah bola dengan lincah, mampu menipu lawan sehingga dengan mudah melewati lawan. Selain itu umpan-umpan para penganut gaya ini juga akurat. Disebut sebagai Permainan Indah karena ketika para pemain sepak bola dari Brazil bermain, mereka seolah sedang menari di atas lapangan. Bahkan permainan mereka disamakan dengan penari Samba yang indah.

Jogo Bonito identik dengan para pemain dari Brazil. (the18.com)

3.Catenaccio

Catenaccie menjadi salah satu gaya yang berasal Italia, sehingga sering terlihat pada gaya permainan klub sepak bola dari Italia. Gaya ini sering diremehkan oleh beberapa tim. Bahkan beberapa orang menyebut gaya ini sebagai permainan sepak bola negatif. Namun berkat gaya ini pula tim-tim sepak bola Italia telah sukses meraih berbagai gelar juara.

Catenaccio berasal dari bahasa Italia yang berarti gerendel. Gaya ini mengandalkan pressure (tekanan) ketat di daerah pertahanan sendiri. Tim yang menggunakan gaya ini akan menunggu kelengahan musuh agar bola dapat direbut dan melakukan serangan balik. Salah satu ciri khas dari permainan ini adalah adanya man to man marking atau penjagaan satu lawan satu dari setiap pemain.

4.Tango

Gaya ini dimiliki oleh tim nasional Argentina. Banyak yang menyebut bahwa gaya Tango memiliki kemiripan dengan Jogo Bonito yang dimiliki Brazil. Keduanya sama-sama memadukan skill individu pemain dan kerjasama tim. Meski begitu, perbedaan tetap terlihat. Jogo Bonito lebih menekankan teknik ‘menari’, menipu, dan melewati lawan, sedangkan pemain Argentina bertumpu pada kegesitan dan kecepatan langkah pemain.

5.Total Football

Total Football  menjadi salah satu gaya permainan yang banyak digemari oleh penonton. Karena dianggap lebih menarik, menghibur, serta tidak membosankan. Gaya permainan ini lebih atraktif sehingga butuh stamina tinggi.Gaya permainan ini identik dengan tim nasional Belanda. Mereka lebih menekankan strategi bertahan keseluruhan dan menyerang juga keseluruhan. Jadi dituntut ketahanan fisik yang kuat jika ingin menerapkan strategi ini.