/Begini nih, Cara Mengatur keuangan Keluarga Agar Tetap Stabil.

Begini nih, Cara Mengatur keuangan Keluarga Agar Tetap Stabil.

Menikah merupakan suatu momen yang sangat istimewa yang terjadi pada diri manusia. Memasuki jenjang pernikahan merupakan perjuangan yang sangat bersejarah untuk hidup. Sebab, setelah lama menjalin hubungan dengan pasangan, kalian pun memutuskan untuk memulai hidup baru bersamanya.

Namun, sebelum memutuskan untuk menikah tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari persiapan jasmani, rohani, hingga finansial.

Saat membina rumah tangga yang baru, salah satu poin penting yang harus menjadi perhatian adalah memahami cara mengatur rumah tangga. Pasalnya, banyak pasangan muda yang akhirnya memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan pasangannya karena masalah keuangan, banyak pula yang akhirnya bisa mengatasi bahtera rumah tangga di tahun-tahun pertama.Memiliki perencanaan keuangan yang matang tentu sangatlah penting agar rumah tangga bisa berjalan lancar. Karena uang adalah hal yang sensitif, kalian dan pasangan perlu merencanakan ini secara khusus, lho. Bukan perkara suami dan istri sama-sama bekerja atau hanya satu yang bekerja. Manajemen keuangan keluarga yang baik  bisa membantu kalian dalam mengatur rencana jangka pendek dan panjang. Ini semua dilakukan agar kalian dan pasangan tidak hanya memenuhi kebutuhan keluarga, melainkan juga dapat mewujudkan keinginan kalian dan pasangan.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini cara supaya pasangan suami-istri baru dapat sama-sama pandai mengatur keuangan keluarga baru:

1. Pisahkan tabungan, uang belanja dan uang jajan berdua

Meski kini kalian dan pasangan memiliki kebutuhan yang bisa dipenuhi berdua,  bukan berarti sebagai pribadi kalian dan dia tak memiliki keinginan lain. Misalnya istri yang ingin berbelanja make up dan suami yang ingin berbelanja aksesoris montor/mobil kesayangannya. Perlu diingat yak, jangan pernah menempatkan atau menyisihkan uang tabungan setelah memenuhi semua kebutuhan. Kalian dan pasanganmu akan kebingungan jika semua sudah habis digunakan untuk kebutuhan berdua.

Pisahkan uang tabungan (finansialku.com)

2. Jangan Pernah Tergiur Diskon!

Mungkin akan wajar baik pria ataupun wanita tergiur diskon saat hendak berbelanja. Rasanya semua ingin dibeli hanya sekedar memenuhi hasrat untuk memilikinya. Sesekali, boleh lah namun jangan tiap kali yak, selalu ingat ada kebutuhan lainnya yang harus kalian penuhi hehehe

3. Usahakan Memiliki Sumber Pendapatan Lain

Jika sama-sama memiliki penghasilan, kalian dan pasangan tetap harus pandai mengatur keuangan yak. Sebab, akan ada saja kejadian tak terduga yang mengharuskan kalian dan pasangan mengeluarkan sebagian tabungan untuk memenuhinya. Maka dari itu, kenapa kalian dan pasangan mengusahakan untuk memiliki sumber pendapatan lainnya di luar gaji pokok.

4. Jangan Sampai Bersikap Pelit

Jangan sampai bersikap pelit terhadap diri sendiri maupun pasangan yak. Sebaiknya selalu luangkan waktu untuk quality time berdua. Misalnya sebulan sekali merayakan tanggal pernikahan. So, jangan pelit, selalu rencanakan supaya kalian dan pasangan bisa sama-sama menikmati bahagianya hidup berdua.

5. Tulis Semua Jenis Kebutuhan, dari Bulanan hingga Harian

Nah, tips yang terakhir yakni selalu menuliskan semua jenis kebutuhan dari bulanan, mingguan hingga harian. Hal ini dilakukan sebab Setiap bulan akan ada banyak kebutuhan yang harus ditulis agar tidak berlebihan atau kelewatan. Tentu saja akan ada banyak perubahan setiap bulannya, tapi setidaknya kamu akan tahu apa saja yang harus lebih dulu kalian penuhi agar kebutuhan rumah tangga kalian tidak berantakan.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian coba untuk pasangan suami-istri baru menikah. Lakukan hal ini yak, supaya keuangan keluarga baru kalian tetap stabil. Semoga bermanfaat.