Cuci Gudang: Harga Minyak Mentah Cuma US$71,46 per Barel

Ekonomi

Dikabarkan bahwa harga minyak mentah dunia jatuh ke level lebih rendah dari masa sebelum perang Rusia-Ukraina pada Kamis (8/12) waktu AS. Pelemahan harga minyak terjadi karena pasar khawatir bahwa perlambatan ekonomi dapat menekan permintaan. Dikutip dari Reuters, harga minyak Brent menetap turun US$1,02 atau 1,3 persen menjadi US$76,15 per barel.

Sementara, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 55 sen atau 0,8 persen menjadi US$71,46 per barel. Pasar energi tengah dibebani oleh kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan melemahnya permintaan. Kedua hal ini terjadi di tengah prospek kenaikan suku bunga AS.

The Fed, bank sentral AS secara luas diperkirakan menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin pada pekan depan. Selain itu, persediaan minyak mentah AS juga turun pekan lalu. Sedangkan, persediaan bensin dan sulingan melonjak. Hal ini menambah kekhawatiran berkurangnya permintaan.

Harga Minyak Mentah Dunia Bakal Melambung Tinggi Nanti?

Harga minyak juga turun meskipun Kanada menutup jalur pipa ke AS. TC Energy Kanada (TRP.TO) mengatakan telah menutup pipa Keystone 622 ribu barel per hari. Pipa itu merupakan jalur utama pengiriman minyak mentah Kanada dari Alberta ke Midwest AS.

Penutupan jalur ini dilakukan setelah terjadi tumpahan ke sungai Kansas. Memang, Harga minyak mentah sempat naik karena hal ini. Namun, kenaikan itu hanya terjadi beberapa saat saja. Pasalnya, analis mencatat bahwa Teluk AS kemungkinan memiliki persediaan yang cukup untuk menangani pemotongan jangka pendek tersebut.

Beberapa analis juga mengatakan bagian dari jalur yang menuju kilang Midwest itu hanya perlu perbaikan yang tidak memakan waktu lama. “Saya cenderung berpikir bahwa sebentar lagi di sini, Anda akan melihat tajuk utama yang mengatakan Keystone akan kembali lebih cepat daripada nanti,” ungkap Direktur Energi Berjangka Mizuho Bob Yawger. Kira-kira dampak apa yang bakal ditimbulkan jika harga minyak mentah dunia tiba-tiba melambung tinggi?