Selain menjadi Aset, Rumah Juga Dapat Menjadi Ladang Penghasilan Untuk Anda. Simak Artikel Selengkapnya.

Ekonomi

Jual rumah yang tidak Anda tempati? Cobalah untuk mempertimbangkannya lagi. Menjual aset properti memang bisa sangat menguntungkan. Namun Anda bisa manfaatkan aset properti yang Anda miliki untuk menjadi ladang penghasilan. Selain harga jualnya yang terus bertambah, properti juga akan memberikan berbagai keuntungan tersendiri untuk Anda. Pemanfaatan properti sebagai sumber pendapatan lain akan memberikan keuntungan  dua kali. Anda akan mendapatkan penghasilan atas properti Anda dan Anda akan mendapatkan penghasilan dari nilai jual properti itu sendiri. Ada beberapa cara memanfaatkan rumah yang tidak Anda tempati menjadi salah satu sumber penghasilan.

Memanfaatkan rumah untuk sumber penghasilan Anda bisa diwujudkan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

  1. Menyewakan sebagai rumah hunian

Jika Anda memiliki satu rumah besar yang tidak Anda tempati, Anda bisa menyewakannya secara keseluruhan. Sistem sewa sebagai hunian juga sangat menguntungkan untuk Anda. Anda akan mendapatkan penghasilan dalam jangka waktu dan harga sewa yang nanti disepakati antara pemilik dan penyewa. Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Anda dapat menyewakan rumah kepada penyewa yang sudah berkeluarga atau kepada para pekerja kantoran.

2.Home stay

Beruntung jika aset rumah Anda berada di tengah kota. Selain dapat Anda sewakan pertahun, Anda juga dapat menyewakan rumah dalam jangka waktu harian atau bulanan. Home stay banyak dijadikan salah satu alternatif para wisatawan atau yang memiliki keperluan di kota tertentu dalam jangka pendek saja. Home stay bisa dibilang sebagai alternatif pengganti hotel. Anda dapat menentukan taris sewanya per-hari atau perminggu.

3.Jasa kost

Buat rumah Anda sebagai kost. Jasa ini juga tidak kalah menguntungkan. Anda dapat menyewakan sebagian kamar yang ada di rumah sebagai ladang penghasilan. Kost biasanya banyak dicari oleh mahasiswa atau pekerja yang hanya ingin menginap selama satu atau dua hari saja. Seperti halnya home stay, kost juga dapat menjadi alternatif hotel. Anda bisa menerapkan sistem kost kosong (tanpa kasur, meja, kursi, dsb), atau kost dengan fasilitas komplit.


Rumah dapat dijadikan kafe ( majalahasri.com )

4.Kafe

Mungkin bagi sebagian orang, mengubah aset properti tumah menjadi sebuah kafe masih sangat aneh. Jangan salah. Di beberapa kota sekarang mulai bermunculan kafe yang memanfaatkan rumah kosong. Anda dapat menyesuaikan dekorasi rumah Anda atau menambahkan sedikit aksen agar semakin menarik untuk dijadikan sebuah kafe. Anda bisa mengusung rumah indonesia tradisional, atau nuansa kolonial, atau bisa Anda sesuaikan dengan kreasi Anda