/7 Masjid dengan Arsitektur Paling Indah di Indonesia

7 Masjid dengan Arsitektur Paling Indah di Indonesia

Sebagai negara dengan mayoritas beragama muslim terbesar didunia, indonesia memilik jumlah masjid yang banyak sebesar 800 ribu. Simak artikel dibawah ini

Sebagai negara dengan mayoritas beragama islam terbesar diindonesia, indonesia memiliki banyak masjid yang tidak hanya digunakan sebagai kegiatan beribadah, namun juga kegiatan pendidikan, pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas, bahkan tidak sedikit kita temui masjid yang juga menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat. Indonesia juga memiliki jumlah masjid yang banyak. Ketua dewan masjid indonesia yang juga merupakan wakil presiden Republik Indonesia menyebut jumlah masjid diindonesia mencapai 800 ribu, hal ini jk ungkapkan kepada raja salman sewaktu berkunjung keindonesia pada bulan maret 2018 tahun lalu.

Berikut 7 masjid diindonesia yang memiliki arsitektur indah

1.Masjid Ramlie Mustofa- Jakarta Utara


Masjid Ramlie Mustofa- Jakarta Utara (harnas.co)

jika tuan dan puan berada dikawasan danau sunter jakarta utara, lebih tepatnya dijalan danau sunter  raya selatan, tuan dan puan akan menemukan masjid paling cantik dikawasan tersebut, masjid ramlie ini berdiri pada tahun 2011, dan berhasil memikat masyarakat karena keindahan dan kemegahan dari arsitektur masjid tersebut.

2.Masjid Agung-Semarang

Masjid Agung Semarang (brobali.com)

Bagi anda yang menyenangi wisata religi, masjid agung semarang dapat menjadi tujuan destinasi wisata anda, arsitektur masjid agung semarang ini memiliki gaya arsitektur yang unik, perpaduan antara arsitektur arsitektur jawa dan yunani ini menjadikan masjid agung semarang memiliki style yang sangat unik. Masjid ini juuga dilengkapi payung raksasa hidrolik yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

3.Masjid Baiturrahman-Aceh.

Masjid Baitturahman Banda Aceh (Youtube.com)

Dibangun diatas seluas 4760 m2, masjid ini dapat menampung hingga 9000 jama’ah, sekilas arsitektur masjid baiturrahman aceh ini terlihat seperti arsitektur taj mahal di india. Selain sebagai tempat beribadah masjid baiturrahman ini juga menjadi tempat wisata bagi warga aceh, anda juga dapat membeli buah tangan khas aceh disekitar masjid terbesar diaceh ini.

4.Masjid sultan suriansyah-banjarmasin


Masjid sultan suriansyah-banjarmasin (id.wikipedia.org)

Masjid ini termasuk dalam daftar masjid tertua dibanjarmasin, dibangun pada tahun 1526-1550 oleh raja kerajaan banjar pertama pangeran samudra, yang kemudian bergelar sultan syariansyah masuk islam. Keunikan dari arsitektur masjid ini yaitu design masjidnya yang berupa panggung. Didalamnya juga terdapat ukiran khas kalimantan yang menjadikanya berbeda dengan masjid lain di Indonesia.

5.Masjid al Irsyad –bandung


Masjid al Irsyad –bandung (simas.kemenag.go.id)

Masjid yang terletak di daerah kota baru parahyangan ini dibangun pada tahun 2009 dan diarsiteki langsung oleh ridwan kamil yang saat ini menjabat sebagai gubernur jawa barat. Masjid ini berkesan minimalis.pada tahun 2010 masjid al irsyad menyabet futurarc green award.

6.Masjid Jami-Malang


Masjid Jami-Malang (blog.ub.ac.id)

Kali ini kita beralih ke kota malang, kota berhawa dingin tersebut juga memiliki bangunan masjid yang sangat indah. Dibangunn pada tahun 1893 dan baru selesai pada tahun 1903. Ditengah masjid jami ini terdapat air mancur yang membuatnya tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai wisata religi.

7.Masjid Agung-Tuban.


Masjid Agung-Tuban (today.line.me)

Dikenal dengan julukan kota bumi wali, tuban memiliki masjid yang sangat indah, menurut IDN times design masjid agung tuban memiliki kemiripan dengan disneyland, dibangun pada tahun 1984, masjid agung tuban mengambil konsep 1001 malam, masjid ini juga terletak tidak jauh dari makam sunan bonang.