/Arti Pentingnya Indonesia Bagian Timur Bagi Jokowi

Arti Pentingnya Indonesia Bagian Timur Bagi Jokowi

Kampanye terakhir Jokowi di Kupang, NTT membuktikan dirinya serius pada wilayah di luar Jawa. Seberapa serius langkah Jokowi tersebut?

Pilpres 2019 semakin mendekati hari pemilihan, sehingga para kandidat semakin gencar melakukan kampanye politiknya, termasuk Joko Widodo (Jokowi). Meskipun Kabinet Kerja dan kebijakan Jokowi selama masa pemerintahannya banyak menuai kritik dari oposisi, hal tersebut tidak membuatnya gentar. Bahkan semasa pemerintahannya Presiden Jokowi 

Kunjungan Joko Widodo ke NTT untuk Kesekian Kalinya

Jokowi bersama istrinya, Iriana Joko Widodo, mendarat di Bandara Eltari, Kupang, pada sekitar pukul 11.44 WITA untuk melakukan kegiatan kampanye, Senin (8/4/2019). Agenda kampanye di Kupang dinilai sangat penting bagi Jokowi. Menanggapi hal tersebut Ketua Harian TKN Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko, sebagaimana telah dilansir Detik, Senin (8/4/2019), menyatakan jika kampanye di Kupang sangat penting karena Jokowi ingin menyapa masyarakat Indonesia Bagian Timur.

Wilayah timur Indonesia memiliki posisi yang dikhususkan dalam program-program kabinet kerja Jokowi. Moeldoko juga menjelaskan, jika Jokowi berkomitmen dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan di wilayah Indonesia Timur. Beberapa wilayah di kawasan Indonesia bagian timur yang telah disapa Jokowi di antaranya Makassar, Gorontalo, Jayapura, hingga Sorong.

Moeldoko menyebutkan, semasa 4,5 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, pemerintah telah gencar membangun infrastruktur di Indonesia timur seperti waduk, jalan hingga listrik. “Untuk wilayah NTT, pemerintah sudah membangun tujuh waduk karena masalah terbesar di kawasan adalah pasokan air,” katanya.

Orasi Jokowi di Lapangan Sitarda, NTT (medcom.id)

Perlu diketahui kebijakan Jokowi sudah terealisasikan di wilayah NTT dengan dilaksanakannya sejumlah proyek strategis di Indonesia timur. Di wilayah NTT pemerintah sudah membangun 7 waduk untuk mengatasi masalah pasokan air di wilayah tersebut. Selama di Kupang, Jokowi juga singgah di Gereja Benyamin, Kupang, dan diteruskan kampanye terbuka di Lapangan Sitarda Lasiana.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Wakil Ketua TKD NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena mengungkapkan jika 30.000 warga dari daratan Pulau Timor siap dan akan menghadiri acara kampanye pilpres di Lapangan Sitarda. Tidak hanya dari Kupang, para pendukung dan relawan yang menghadiri kampanye berasal dari luar Kota Kupang sepert Kabupaten Belu, Malaka, Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.