/Cara Hilangkan Rasa Pahit pada Olahan Pare, Hidangan Lebih Nikmat
Cara Hilangkan Rasa Pahit

Cara Hilangkan Rasa Pahit pada Olahan Pare, Hidangan Lebih Nikmat

Cara hilangkan rasa pahit pada pare tentunya tidaklah sembarangan. Siapa yang tak kenal dengan sayur yang ssangat pahit ini.  Iya, Pare merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia dan negara di Asia.

Meskipun pahit, buah ini mempunyai banyak manfaat kesehatan terlebih bagi penderita diabetes. Pare dihubungkan dengan penurun gula darah tubuh. Ini sebab pare mempunyai sifat yang  seperti insulin, yang membawa glukosa ke dalam sel untuk tenaga.

Cara Hilangkan Rasa Pahit Sayur Pare, Emang bisa?

Di Indonesia, pare bisa dikonsumsi mentah, direbus, atau ditumis. Meskipun, sebagian orang tidak mau untuk mengkonsumsi buah ini sebab rasa pahit dan getirnya. Apabila tidak terbiasa mengonsumsinya orang akan menganggap pare sebagai makanan yang tak sedap.

Supaya bisa merasakan pare tanpa rasa pahitnya, ada sebagian trik yang bisa dilakukan. Trik ini memang tidak menghilangkan rasa pahit secara keseluruhan, tetapi rasa pahit pare sedikit berkurang dan bisa dirasakan dengan lezat.

Cara Hilangkan Rasa Pahit

Hilangkan biji

Biji pada pare ialah salah satu penyebab rasa pahit pada pare. Dengan menyingkirkannya, rasa pahit dan getir akan berkurang. Belah atau potong pare dan hilangkan biji dan selaput putih pada bagian tengah pare.

Pakai Garam

Dalam hal menghilangkan kepahitan dari pre, garam dapat mengeluarkan mengeluarkan sari pahit darinya. Yang mesti Anda lakukan ialah mencampur potongan pare dengan banyak garam.

Pindahkan potongan-potongan dalam mangkok dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dimasak. Anda juga dapat mengganti garam dengan gula untuk rasa yang lebih manis.

Ketika Anda memilih pare, pastikan Anda membeli pare yang masih muda dan segar. Ini dapat diperhatikan dari pare yang berwarna hijau sebab makin matang pare, makin pahit pula rasanya.

Pare yang masih muda umumnya berwarna hijau tua hingga hijau muda. Pare yang telah matang atau tua akan berwarna kekuningan sampai jingga. Pilih pare dengan ukuran kecil sebab makin besar pare makin besar pula kadar kepahitannya.

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare Anda bisa memasak pare bersama bahan lain yang bisa menetralisir rasa. Anda bisa memadukan pare dengan bawang, kentang, daging, dan sayuran lainnya.

Itu tadi merupakan tips dari kami tenntang bagaimana cara hilangkan rasa pahit pada olahan pare. Semoga dengan adanya artikel ini Anda lebih bisa paham dan menikmati pare dengan lebih santai.