/Selain Faktor Hormon, Makanan Memliki Peran Penting Dalam Peningkatan Tinggi Badan

Selain Faktor Hormon, Makanan Memliki Peran Penting Dalam Peningkatan Tinggi Badan

Ketika seseorang mencapai  akhir masa pubernya, pertumbuhan tulang akan terhenti. Hal ini dikarenakan perubahan hormon pelat pertumbuhan mengeras dan menutup, sehingga menyebabkan pertumbuhan badan manusia menjadi terhenti.  Pelat petumbuhan (lempeng epifisis) merupkan  area tulang rawan  khusus didekat ujung tulang. Orang yang memiliki tubuh yang tinggi dikarenakan adanya pemanjangan tulang belakang., yang tumbuh ketika masih aktif terbuka.Pada perempuan, lempeng epifisis akan menutup saat usia mereka sekitar 16 tahun. Pada laki laki terjadi saat berusia 14 tahun sampai 9 tahun.

Dilansir oleh times of india, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang, namun faktor genetik merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh dalam tinggi badan seseorang, sekitar 60 hingga 80 % tinggi seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik. Sisanya dapat dipengaruhi oleh faktor ligkungan, seperti lingkungan dan juga asupan nutrisi yang cukup.


Orangtua sedang mengukur tinggi badan anak (jurnalkeluarga.com)

Dilansir Boldsky,  Berikut beberapa makanan kaya nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anda.

1.Buah rasberi

Melatonin merupakan hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan manusia hingga 157 persen. Melatonin dapat merangsang kelenjar hipofisis yang akan memacu sekresi hormon pertumbuhan melalui jalur dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan badan. Melatonin ditemukan melimpah dalam buah rasberi, selain itu rasberi juga buah yang kayak akan vitamin C yang juga dapat membantu dalam kesehatan tulang anda.

2.Telur

Selain rasberi, telur juga merupakan makanan yang dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Hal ini dikarenakan adanya dan vitamin yang dapat larut dalam air. Vitamin menjadi prekursor untuk neurotransmitter acethylcoline yang dapat meningkatkan tinggi badan anda.

Sedangkan kolin berperan dalam pensinyalan sel, penataan sel, pembentukan tulang serta transportasi lemak.

3.Produk olahan susu.

Salah satu produk olahan susu adalah keju dan yogurt. Dalam produk olahan susu banyak terkandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, Kalsium, Vitamin E, Vitamin D dan juga vitamin B. dalam susu terdapat kandungan asam amino esensial yang dapat membantu pertumbuhan pertumbuhan sel dan dianggap sebagai makanan pelengkap. Tingginya kadar asam amino dalam susu akan memainkan peran penting dalam memicu hormon pertumbuhan.

4.Konsumsi daging ayam dan sapi.

Daging ayam dan sapi merupakan makanan yang tinggi akan protein. Dengan kandungan protein yang tinggi akan dapat membantudalam membangun jaringan dan otot dan mendorong sekresi hormon pertumbuhan.

Dalam daging ayam terdapat asam amino dalam bentuk l-arginin, yang berfungsi sebagai stimulator sekresi hormon pertumbuhan. Sedangkan dalam daging sapi terdapat asam amino yang dapat mensintesis l-ornithine, yang berperan dalam peningkatan hormon pertumbuhan hingga empat kali lipat.

5.Kedelai

Makanan penuh nutrisi lain yang dapat meningatkan tinggi badan  adalah kedelai, dalam kedelai terdapat l-argini yang akan merangsang kelenjar hipofisis yang berperan dalam kepadatan tulang.

6.Ikan yang kaya akan lemak baik.

Salah satu contoh ikan yang kaya akan lemak adalah tuna, kandungan protein dan vitamin D dalam ikan tuna sangat tinggi. Protein berperan penting dalam tubuh guna membangun jaringan dan menambah tinggi badan. Sedangkan vitaimin D berperan penting dalam membentuk kepadatan tulang