/Mengetahui Gaji Pemain Bola Mungkin Sudah Merupakan Hal yang Wajar. Namun Tahukan Anda Berapa Gaji yang Diterima Wasit?

Mengetahui Gaji Pemain Bola Mungkin Sudah Merupakan Hal yang Wajar. Namun Tahukan Anda Berapa Gaji yang Diterima Wasit?

Wasit adalah sosok yang vital untuk mengatur jalannya pertandingan, tidak terkecuali dalam olahraga sepak bola. Fakta mengejutkan adalah ketika sepak bola nasional yang sering dilanda oleh skandal pengaturan skor, ternyata berani menggaji wasit yang lumayan tinggi. Bahkan gaji wasit Indonesia tergolong tinggi se-Asia Tenggara di bandingkan dengan gaji gaji wasit di negara lainnya.

Menghitung pendapatan wasit di Liga Indonesia

Wasit Liga Indonesia Saat Memimpin Pertandingan (kompasiana.com)

Hal tersebut juga dibeberkan oleh salah satu anggota Komite Wasit Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Yesayas Leihitu. Dilansir dari Indosport.com, menurut Yesayas gaji yang diterima wasit Liga 1 belum mengalami perubahan sejak tahun 2007, dengan nilai Rp5 juta untuk setiap pertandingan dan bukan gaji bulanan yang diterimanya.

Gaji masuk yang diterima wasit tersebut ditetapkan oleh PT Liga Indonesia yang pada tahun 2007 sebagai operator kompetisi sepakbola Indonesia. Kemudian untuk asisten wasit mendapatkan gaji Rp2,5 juta setiap pertandingan. Gaji terebut memiliki pembayaran yang bervariasi,  seperti contoh ketika laga uji coba dan sebagainya maka akan diatur oleh panitia penyelenggara.

Lalu untuk wasit Liga 2? Yesayas Leihitu mengungkapkan kisaran gaji wasit yang didapatkan di Liga 2 sebesar Rp3,5 juta tiap pertandingan. Berbeda dengan Liga 1, di Liga 2 pembayaran wasit ditanggung oleh operator kompetisi yaitu PT Liga Indonesia Baru (LIB).Menggapi hal tersebut, dilansir dari Suara.com, Chief Operation Officer PT Liga Indonesia Baru Tigor Shalomboboy mengungkapkan jika gaji baru yang diterima oleh wasit di Liga Indonesia cukup besar. Meskipun Tigor tidak menyebutkan angka pasti yang diterima oleh wasit, menurutnya bahwa gaji wasit di Indonesia adalah yang paling besar di kawasan Asia Tenggara. 

Perlu diketahui, jika besaran angka tersebut merupakan bayaran yang diterima oleh rata-rata wasit Liga Indonesia yang merupakan wasit lokal. Menurut Tigor gaji yang diterima oleh wasit asing malah lebih rendah dibandingkan wasit lokal.  Meski demikian, Tigor juga menegaskan jika wasit asing yang dipilih adalah yang memiliki kualitas. Pihaknya tidak mau wasit asing yang dipilih memiliki kualitas yang lebih rendah ketimbang wasit lokal. 

Perkara berapapun besarnya gaji wasit yang diterima, sebaiknya hal tersebut juga diimbangi oleh kualitas. Meskipun pekerjaan wasit di Indonesia lumayan beresiko, untuk itu mari kita berdoa agar suporter bola di Indonesia lebih pintar dan tidak anarkis terhadap wasit.