/Sebelum Berinvestasi,Kelolalah Keuangan Dengan Baik.

Sebelum Berinvestasi,Kelolalah Keuangan Dengan Baik.

Saat ini banyak generasi muda, yang sudah mulai melakukan investasi. Tidak mengherankan bila investasi begitu popular dikalangan anak muda belakangan ini. Namun, banyak dari mereka yang sampai saat ini belum memahami instrumen investasi. Bukan hanya sekedar menyimpan dana saja. Akan tetapi investasi juga berati mendapatkan keuntungan dari dana yang telah kita investasikan.

Sebelum anda memulai berinvestasi, Mulailah dengan membatasi waktu berinvestasi yang anda lakukan. Artinya anda harus menentukan berapa lama anda akan melakukan investasi. Hal ini akan membantu anda untuk memantau seberapa besar hasil yang dihasilkan dari dana yang anda investasikan. Selain itu anda harus berkomitmen untuk mengontrol setiap pengeluaran, agar investasi yang kita lakukan akan berjalan dengan baik.

Berikut produk investasi jangka pendek yang dapat kita jadikan sebagai pilihan.

1.Money Market Fund/ Reksa Dana.

Reksa Dana atau Money Market Fund adalah jenis investasi yang begitu rumit, bahkan lebih rumit dari obligasi. Karena kerumitan investasi ini, banyak orang yang takut uang yang telah mereka investasikan pada jenis investasi tersebut tak akan kembali.

Namun anda jangan kawatir, ketika anda memilih untuk berinvestasi dengan Reksa Dana, anda akan dibantu oleh seorang manajer investasi yang akan membantu anda dalam mengelola dana investasi. Bunga yang ditawarkan dalam investasi ini pun cukup besar, hingga 8 persen atau lebih.


Investasi (ilustrasi)

2.P2P Lending.

Peer to Peer Landing (P2P) Lendingadalah jenis investasi dengan memberikan pinjaman yang dilakukan secara online antara kreditor dan debitor. Saat ini P2P lending menjadi Instrumen Investasi yang banyak digunakan.

Ciri investasi ini adalah menggunakan bank sebaga perantara. Jangka waktu investasi ini berkisar dari satu bulan hingga satu tahun. Dari P2P Lending kita bisa mendapatkan bunga yang lebih besar dari deposito. Besaran bunga yang kita dapat berkisar 15 hingga 20 persen per tahun.

3.Deposito.

Deposito merupakan investasi jangka pendek yang paling familiar dan paling aman untuk dilakukan dari dua investasi diatas. Deposito banyak dipilih oleh banyak orang dikarenakan tidak ribet,lantaran pengelolaanya diserahkan sepenuhnya kepada pihak bank.

Namun selama melakukan investasi ini, anda harus bersabar. Uang yang telah kita investasikan tidak dapat kita ambil hingga masa investasi berahkir. Apabila anda mengambil dana investasi, sebelum masa investasi berahkir, dana yang anda dapatkan pun akan dipotong.