/Gesits, Sepeda Motor Listrik Buatan Indonesia yang Siap Dipasarkan

Gesits, Sepeda Motor Listrik Buatan Indonesia yang Siap Dipasarkan

Konversi bahan bakar sepeda motor ke listrik yang ramah lingkungan tentu inovasi baru. Bagaimana spesifikasi motor Gesits?

Hampir semua pabrikan otomotif di dunia terus melakukan berbagai inovasi untuk menghasilkan kendaraan. Dengan klasifikasi motor listrik yang lebih efisian dan ramah lingkungan, tentu akan menarik ke depannya. Kendaraan berbahan bakar listrik adalah jawabannya. Piaggio dan Terra e-Bike merupakan pionir pabrikan sepeda motor luar negeri yang merilis motor listrik garapannya ke Indonesia. Tentu kita tidak kalah dengan mereka sebenarnya, terdapat beberapa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang telah menciptakan skuter listrik dengan nama Motor Listrik Gesits.

Gesits adalah kependekan dari “Garansindo Electric Scooter ITS”.  Sebenarnya motor ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2016 dan sudah melewati serangkaian proses pengembangan sejak 2015. Motor listrik nampaknya memang kendaraan yang dapat menjadi tren di masa depan. Kemunculan Gesits diharapkan dapat memicu industri motor lokal di masa mendatang. Pada sektor mesin, Gesits mengusung mesin bertenaga listrik dengan tenaga sebesar 5 KW, dengan jarak sejauh 80-100 Km untuk setiap kali isi ulang daya. Apa lagi hal yang menarik dari motor ini? Berikut ini deskripsi sepeda motor listrik Gesits!

Mengupas kelebihan sepeda motor listrik Gesits

Spesifikasi Motor Listrik Gesits (kaskus.id)

Konsep motor listrik Gesits adalah menggunakan baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas hingga 5.000 WH ini membutuhkan waktu pengisian 3 sampai 4 jam. Kemungkinan, baterai tersebut akan diimpor langsung dari Jepang. Soal urusan performa mesinnya, Gesits diklaim tak kalah dengan motor matic bermesin 125 cc, karena dapat berakselerasi dengan kecepatan 100 Km/jam! Karena menggunakan daya listrik tentunya kelebihan motor ini adalah ramah lingkungan dan tidak memiliki gas buang.

Soal desain bagaimana? Tidak usah khawatir konsep desain motor listrik Gesits tidak jauh berbeda dengan desain motor matic pada umumnya, poin plusnya kesan sporty tampak terlihat jelas pada desainnya. Gesits sekipas mirip dengan Honda Vario dengan khas stabilitas dan aerodinamis. Pada bagian depan motor ini, terdapat head lamp dengan Day Running Light (DRL) yang memiliki desain meruncing. Kesan sporty makin jelas pada lekukan garis tegas di sepanjang bodi samping, dan membuatnya nampak ramping dibandingkan motor matic lainnya.

Gesits memiliki mesin yang bekerja pada tegangan 96 Volt DC dan dapat melesat dengan kecepatan 110 Km/jam pada putaran 3.000 rpm dengan torsi mencapai 15 Nm. Motor listrik Gesits juga menggunakan sistem transmisi timing belt untuk memutar roda belakang, dan memiliki penggerak motor  yang tidak mudah terendam air atau terguncang saat melewati medan jalanan di Indonesia.  Bagaimana tertarik dengan motor listrik Gesits yang memiliki segudang fitur canggih tersebut? Diperkirakan dalam waktu dekat motor ini akan segera dipasarkan. Harganya? Soal motor listrik baru dalam tahap uji coba final, dan ditafsirkan memiliki harga pasaran sekitar 15-20 jutaan, murah bukan?