/Rantai Motor Tidak Awet? Lakukan Perawatan Berikut Ini

Rantai Motor Tidak Awet? Lakukan Perawatan Berikut Ini

Rantai merupakan bagian vital dari sepeda motor. Namun rantai yang cepat aus membuat anda harus mengeluarkan biaya ekstra.

Apakah anda seorang pemilik sepeda motor? Jika iya tentu anda juga harus paham beberapa permasalahan sepeda motor yang terjadi, salah satunya adalah rantai. Rantai motor adalah salah satu bagian penting dari sepeda motor yang selalu anda tunggangi. Kadang rantai motor berbunyi bahkah putus di tengah jalan. Penyebab rantai motor bunyi dan putus tidak lain akibat kelalaian penggunanya sendiri.

Rantai sepeda motor berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke putaran roda penggerak sepeda motor anda, maka rantai motor selalu bekerja tiada henti. Karena fungsi rantai motor sangat vital dan berat maka rentan aus, ketika aus dan tidak segera diperhatikan maka bisa jadi sangat membahayakan di perjalanan. Tentu hal tersebut tidak diinginkan. Namun terdapat beberapa kiat agar rantai sepeda motor anda awet dan memiliki usia yang panjang.

Hal-hal yang perlu dilakukan agar umur rantai motor panjang

1. Cek Kekencangan Rantai

Sebenarnya langkah ini cukup mudah, namun banyak pengguna sepeda motor abai. Mengecek kondisi rantai secara berkala dapat membuat awet umur rantai sepeda motor anda, karena jika rantai yang kendor segera dikencangkan tidak memiliki resiko rantai untuk rusak.

2. Bersihkan Rantai

Penyebab rantai motor kendor yang paling sering dijumpai adalah rantai motor yang kotor. Rantai yang kotor selain mengakibatkan rantai cepat rusak, maka membuat tampilan sepeda motor anda juga kurang menarik. Sebaiknya cuci rantai sepeda motor menggunakan solar agar kotoran dan debu terangkat. Kemudian gunakan air untuk membilasnya.

Menyemprokan Chain Lube (anyonchasers.net)

3. Gunakan Chain Lube

Melumasi rantai motor anda menggunakan oli khusus rantai atau dengan pelumas cair dapat membuat umur rantai panjang. Gesekan antara rantai dan gir yang kekurangan pelumas ini adalah faktor utama penyebab rantai kendur. Dapatkan plumas rantai motor di bengkel terdekat. Sebaiknya hindari menggunakan oli motor bekas, karena oli yang kotor akan membuat rantai cepat kendur.

4. Gunakan Suku Cadang Bermutu

Anda dapat mengganti gear set menggunakan suku cadang asli atau suku cadang pihak ketiga yang bermutu. Sebaiknya hindari membeli suku cadang yang tidak jelas kualitasnya, karena suku cadang yang terpercaya pastinya memiliki material yang berkualitas. Tidak ingin rantai sepeda sering lepas ayo mulai rawat!