/Saat ini Para Ilmuan Sedang Mengembangkan Teknologi Fotografi 4D. Seperti apa?

Saat ini Para Ilmuan Sedang Mengembangkan Teknologi Fotografi 4D. Seperti apa?

Perkembangan teknologi semakin maju dari tahun ke tahun, terlebih teknologi foto terbaru. Baru-baru ini seorang peneliti Stanford University dan University of California San Diego sedang mengembangkan kamera yang dapat menghasilkan gambar empat dimensi yang memungkinkan untuk menangkap 138 informasi yang berbeda.

Foto kamera 4D adalah jawaban dari fotografi di masa depan

Kamera 4D tersebut dapat menghasilkan foto digital dan video yang kaya informasi, dan memungkinkan robot melakukan navigasidengan lebih baik. Robot di masa depan memungkinkan dapat memahami aspek-aspek di lingkungan mereka, seperti objek, jarak, dan tekstur permukaan.

Harapannya kamera 4D tersebut dapat digunakan untuk robot dan membantu robot dalam melakukan tugas-tugasnya. Selain itu kamera ini dapat digunakan dalam kendaraan juga untuk kebutuhan teknologi berbasis virtual.

Teknologi kamera 4D yang pernah dipresentasikan di konferensi CVPR 2017 ini, merupakan kolaborasi antara Profesor Gordon Wetzstein (pakar di laboratorium teknik listrik di Stanford) dan Joseph Ford di UC San Diego.Mereka melakukan eksperimen dengan kamera video yang menggunakan bundel serat optik, sehingga dapat memasangkan gambar bulat ke bidang fokus datar konvensional. Kerta tersebut akan memberikan hasil kinerja tinggi, namun juga membutuhkan biaya yang tinggi.

Kamera 4D tersebut diklaim menggunakan lensa sferis yang  dapat mengeliminasi bundel serat, melalui kombinasi lensa lensa dan pemrosesan sinyal digital. Selain itu juga digabungkan desain optik dengan keahlian integrasi sistem perangkat keras laboratorium Ford. Pemprosessan sinyal dan kecerdasan algoritmik lab Wetzstein, tidak hanya mampu menghasilkan solusi digital kualitas tinggi di masa depan namun juga jawaban dari perkembangan teknologi fotografi di masa depan.


Lensa Kamera 4D (stanford.edu)

Fitur menarik dari temuan kamera 4D ini adalah memungkinkan pengguna dapat melakukan kembali gambar yang sudah diambil, karena gambar mencakup seluruh informasi tentang posisi dan arah cahaya. Sehingga foto yang anda hasilkan dapat sebagus foto fotografer profesional. Selain itu, kamera ini ketika digunakan pada robot dapat untuk melihat saat kodisi hujan atau hal-hal lain yang bisa mengaburkan penglihatan mereka.

Kamera ini dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis teknologi cerdas artifisial untuk memahami seberapa jauh benda-benda di sekitarnya, pergerakan benda, dan bentuk benda. Teknologi ini dapat membantu pengguna yang memiliki ruang terbatas dan ingin komputer memahami kondisi di sekitarnya.

Selain itu kamera 4D dapat bekerja seperti kamera pada umumnya, akan tetapi dirancang untuk memperbaiki gambar close-up. Hal tersebut akan sangat berguna untuk robot yang harus melakukan tugas di area sempit, dan dapat digunakan di pesawat tak berawak dan mobil auto pilot.