/Jelang Ramadhan, Harga Bawang di Sejumlah Daerah Melonjak

Jelang Ramadhan, Harga Bawang di Sejumlah Daerah Melonjak

Ramadhan tinggal menghitung hari, kenaikan harga bawang sudah mulai melonjak di berbagai daerah di Indonesia .

Tahukah kamu? Bahwa harga bawang di sejumlah wilayah di Indonesia melonjak drastis menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun 2019 lho. Kenaikan harga bawang di sejumlah wilayah di Indonesia ini mencapai 50 persen.

harga bawangmerah dan bawang putih meningkat drastic hingga 50 persen

Misalnya di Malang, harga bawangmerah dan bawang putih meningkat drastic hingga 50 persen atau sebesar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram (kg) menjelang bulan suci Ramadhan.

Pedagang di Pasar Dinoyo, Malang, Jumain menyebut bahwa semula harga bawang merah tercatat sekitar Rp 23 ribu-Rp 25 ribu per Kg, namun sekarang naik menjadi Rp 35 ribu-Rp 36 ribu per Kg. Sedangkan bawang putih yang sebelumnya hanya Rp 25 ribu-Rp 26 ribu, lalu mmeningkat menjadi Rp 40 ribu-Rp 45 ribu.

Harga bawang di sejumlah wilayah di Indonesia naik (neraca.co.id)

Menurut Jumain, kenaikkan harga bawang merah dan bawang putih ini, sudah terjadi dua pekan lalu. Tidak hanya bawang merah dan harga bawang putih saja yang naik, melainkan komoditas lainnya seperti tomat dan cabai merah juga ikut naik. Kenaikan juga terjadi pada bawang bombay, dari yang harganya Rp 18 ribu naik menjadi Rp 28 ribu per Kg.

Hal serupa juga terjadi di Lampung, harga bawang disana juga mengalami kenaikan yang signifikan. Harga bawang merah disana bisa mencapai Rp 38 ribu per Kg, sedangkan untuk harga bawang putih mencapai Rp 45 ribu per Kg.

Hal ini disampaikan oleh salah satu pedagang di Pasar Gintung, Bandar Lampung yakni Yuda. Menurutnya kenaikan harga ini dipicu oleh pasokan komoditas yang sedang sulit didapat dari para petani di Brebes, Jateng. Maka dari itu, komoditas yang tersedia saat ini ialah bawang yang berasal dari Padang, itu pun stoknya tidak banyak.

Tak jauh berbeda, Tim Terpadu Satgas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan bahwa harga bawang mmerah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional melambung tinggi karena pasokan komoditas tersebut dari luar daerah terbatas.

Di Kepulauan Bangka Belitung, harga bawang merah naik menjadi Rp 48.500 dari Rp 25 ribu per Kg, sedangkan bawang putih naik menjadi Rp 50.500 dari Rp 19 ribu per Kg.

Terakhir di Lhoksumawe, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional dalam dua pecan terakhir ini juga melonjak tinggi hingga mmencapai Rp 50 ribu per Kg.