/Tips Wanita Sukses ala Menteri Keuangan Sri Mulyani

Tips Wanita Sukses ala Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani memberikan beberapa tips agar para wanita Indonesia bisa sukses. Simak artikel berikut.

Motivasi kerja terkadang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang membangun karir mereka. Motivasi diharapkan mampu mendorong semangat para pekerja yang sedang meniti karir, sehingga mereka lebih bergairah meunju kesuksesan. Salah satu menteri di Indonesia yang sering memberikan motivasi adalah menteri keuangan, Sri Mulyani. Beberapa kali Sri Mulyani membagikan beberapa tips bagi para pekerja, khususnya bagi kaum perempuan.

Kata kata motivasi dari Sri Mulyani untuk para wanita Indonesia antara lain sebagai berikut.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan di Era Jokowi ( twitter.com )

1.Miliki Role Mode

Seberapa sering Anda mendengar istilah role mode? Atau mungkin Anda adalah seorang yang justru akrab mendengar istilah role mode. Role mode dapat diterjemahkan menjadi kata teladan. Dalam hal ini, Sri Mulyani menekankan betapa pentingnya seseorang memiliki role mode atau teladan yang bisa kita contoh.

Dikutip dari www.kemenkeu.go.id,  “Ibu saya adalah seorang profesor, seorang PhD yang memiliki 10 anak. Ia terus mengejar pendidikannya yang tinggi meskipun harus membesarkan 10 anak yang enam di antaranya adalah wanita. Jadi, sangat mungkin untuk berkeluarga sekaligus meraih pendidikan tinggi dan berkarir,” terangnya. Sosok ibu Sri Mulyani menjadi role mode bagi Sri Mulyani sendiri. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan yang baik bagi dirinya, terutama dalam pekerjaan.

2.Dukungan Keluarga

Di Indonesia sosok lelaki secara tidak langsung diartikan sebagai sosok yang kuat dan mendominasi. Berbeda dengan wanita. Menjadi seorang wanita, terlebih lagi wanita yang memiliki karir dalam dunia kerja, justru menjadi tantangan yang harus ditalkukan. Agar menjadi wanita sukses, seorang wanita juga membutuhkan dukungan keluarga. Dukungan ini akan sangat berarti bagi dirinya.

“Biasanya ayah atau suami tidak mengijinkan wanita memiliki karir di luar rumah. Bukan berarti wanita yang tinggal di rumah dan mendedikasikan waktunya untuk keluarga, tidak bagus, tapi dengan memiliki keluarga yang mendukung untuk wanita berkarir, itu akan sangat lebih baik,” ungkap Sri Mulyani. Seorang wanita yang memiliki dukungan dari keluarga untuk terus berprestasi akan berdampak baik bagi perjalanan prestasninya.

3.Motivasi Tinggi

Motivasi menjadi hal yang sangat penting bagi para wanita yang ingin berprestasi sekaligus mandiri. Tetapi patut diingat, motivasi juga akan ikut menentukan sikap seseorang ketika ia telah sukses. Sri Mulyani menegaskan motivasi yang positif harus dimiliki. Seorang wanita yang berkarir tentu  merasa berat hati untuk meninggalkan anaknya atau suaminya. Karena itu ia harus termotivasi dengan keadaan seperti itu. Milikilah motivasi untuk mengembangkan aktualisasi diri yang menyehatkan jiwa dan mengembangkan kesejahteraan orang lain. Hal tersebut dapat menjadi kompensasi yang masuk akal saat meninggalkan keluarga terutama anak untuk bekerja mengejar karir yang lebih tinggi.

Jadi harus ada kompensasi perasaan bersalah dengan cara yang lebih konstruktif sehingga bisa menjelaskan alasan meninggalkan mereka di rumah untuk mengejar karir yang lebih tinggi. Motivasi untuk menjaga kesehatan jiwa dengan aktualisasi diri dan memajukan kehidupan lebih banyak orang adalah alasan saya,” tutur Sri Mulyani.

4.Jangan Saling Menjatuhkan

Sri Mulyani juga berpesan, dalam memberdayakan orang lain, kita harus saling menguatkan satu sama lain,  hindari perilaku yang justru saling menjatuhkan dalam membangun karir.

“berdayakan orang lain (empower and encourage) di manapun posisi Anda dalam manajemen. Saling menguatkan orang lain, jangan saling menjatuhkan dalam membangun karir.”

Beberapa nasihat Sri Mulyani menjadi catatan penting bagi kita, terutama bagi para wanita karir di Indonesia agar terus maju dan berkembang.