/Cuaca Jakarta Cerah, Moeldoko: Tanda Kemenangan Jokowi

Cuaca Jakarta Cerah, Moeldoko: Tanda Kemenangan Jokowi

Cuaca cerah Jakarta ditengarai oleh Moeldoko sebagai salah satu pertanda bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin akan menang.

Pemilu 2019 telah selesai digelar, namun KPU masih belum mengumumkan hasil rekapitulasi surat suara secara menyeluruh. Meski begitu, sejumlah lembaga survei telah memberikan hasil quick count yang dilakukan atas pasangan calon presiden dan wakilnya. Beberapa lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapatkan suara terbanyak dibanding dengan pasangan Prabowo-Sandi.

Nampaknya momen Jokowi jadi presiden akan kembali terulang pada pemilu 2019 ini.

Sebagai Ketua Harian Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko optimis akan kemenangan Jokowi. Bahkan Moeldoko mengatakan bahwa cuaca cerah di Jakarta menandakan kemenangan Jokowi-Ma’aruf dalam Pilpres 2019 kali ini. Dikutip dari Tirto.id, Moeldoko mengatakan bahwa, “(Cuaca) cerah, jelas ini tanda-tanda kemenangan (Jokowi-Ma’ruf). Kan begitu,” ujar Moeldoko saat di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019).

Moeldoko juga optimis atas perolehan suara yang akan didapat Jokowi-Ma’ruf dalam pemilu kali ini. Ia memprediksi bahwa pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 akan mendapatkan suara sebanyak di atas 60 persen dalam pilpres ini daripada Prabowo Subianto dan Sandiaga, Capres dan Cawapres nomor urut 02. “Optimisnya di atas 60 persen,” kata Moeldoko.

Beberapa tokoh terlihat berada di Djakarta Theater pada Rabu (17/4/2019) sore (youtube.com)

Pasca pemilihan pada tanggal 17 April 2014, calon presiden Joko Widodo (Jokowi), cawapres Maruf Amin, dan sejumlah petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) berkumpul menggelar pertemuan tertutup di Djakarta Theatre. Pertemuan tersebut diadakan pada sore hari setelah beberapa hasil quick count menunjukkan bahwa suara Jokowi-ma’ruf dapat mengungguli suara Prabowo-sandi.

Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, menerangkan bahwa pertemuan yang diadakan Capres dan Cawapres 01 bersama TKN, dan sejumlah tokoh politik lainnya tidak lain untuk mengikuti perkembangan hitung cepat atau quick count di sejumlah lembaga survei. Moeldoko menegaskan pertemuannya belum bisa disebut untuk mendeklarasikan kemenangan. “Belum, belum sampai situ (deklarasi kemenangan). Kami hanya ingin mengikuti perkembangan di perhitungam cepat saja,” kata dia.

Ada beberapa tokoh yang juga ikut dalam pertemuan yang diadakan di Djakarta Theatre. Selain  Jokowi, Ma’ruf Amin, Moeldoko, beberapa tokoh lain juga hadir. Di antaranya seperti Erick Thohir, Megawati Soekarno Putri, Airlangga Hartarto (Ketum Partai Golkar), Sapta Odang (Ketum Hanura Oesman), Harry Tanoesoedibjo (Ketum Perindo), dan Grace Natalie (Ketum PSI).

Selain beberapa elit politik partai, beberapa tokoh pejabat lain juga diketahui ikut hadir dalam pemantauan hasi perhitungan cepat. Beberapa tokoh tersebut seperti Puan Maharani (Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Maritim dan Sumber Daya), Lukman Edy (Wakil Direktur Saksi TKN), Arya Sinulingga (juru bicara TKN).

Meskipun hasil perhitungan cepat telah keluar, namun semua pihak tetap menanti pengumuman resmi dari KPU. Semua proses rekapitulasi suara untuk menentukan calon presiden Indonesia yang baru akan dilakukan dari 25 April hingga 22 Mei 2019.