/Jokowi Potong Rambut Istri, Anak, dan Moeldoko Saat Umrah

Jokowi Potong Rambut Istri, Anak, dan Moeldoko Saat Umrah

Jokowi memutuskan untuk melakukan ibadah umrah saat masa kampanye berakhir. Bersama istri, anak, dan kepala staf kepresidenan Moeldoko.

Capres 2019, Joko Widodo, memutuskan untuk melakukan ibadah umrah pasca berakhirnya masa kampanye. Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memang dikabarkan bertolak menuju Arab Saudi pada hari Minggu (14/4/2019) dini hari. Dalam beribadah, Jokowi mengajak Iriana, istrinya, serta mengajak Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, dua putra lelakinya. Tidak hanya bersama istri dan anaknya, Jokowi juga melakukan ibada umrah bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Dalam menyelesaikan rangkaian ibadah umrah, Jokowi diketahui memotong rambut Iriana dan kedua anaknya. Namun yang lebih unik lagi, Jokowi ikut memotong rambut Moeldoko.

Rambut Moeldoko KSP dipotong sedikit oleh Jokowi saat melakukan prosesi Tahalul atau prosesi potong rambut.

Jokowi berkesempatan masuk ke dalam Ka’bah. ( sebarr.com )

Prosesi Tahalul menjadi salah satu prosesi yang harus dilakukan saat melakukan ibadah umrah. Tahalul juga bisa dikatakan sebagai salah satu rukun dalam ibadah umrah. Karena hal tersebut, para peserta umrah diharuskan memotong sedikit rambutnya. Begitu juga dengan Jokowi dan para peserta lain. Momen yang menyentuh hati adalah saat Jokowi memotong sejumput rambut istrinya, Iriana Widodo. Tidak hanya istrinya, rambut kedua anak lelakinya juga tidak luput dari gunting. Jokowi memotong sejumput rambut kedua putra lelakinya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Baik istri maupun kedua putranya, mereka terlihat ikhlas menerima ayahnya memotong rambut mereka.

Selain memotong rambut keluarganya, Jokowi juga ikut memotong sedikit rambut mantan panglima TNI, Moeldoko. Moeldoko memang menjadi salah satu jamaah umrah bersama Presiden Jokowi. Peristiwa pemotongan rambut Moeldoko oleh Presiden Jokowi diketahui dari sejumlah foto dari Biro Pers, Sekretariat Presiden. Dilansir dalam Antara, Presiden Jokowi memotong beberapa helai rambut kedua putra lelakinya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta rambut Iriana Widodo, dan juga rambut Moeldoko.

Setelah melakukan pemotongan rambut atau  Tahalul, dengan demikian Presiden Jokowi berarti telah menuntaskan rangkaian prosesi ibadah umrah. Jokowi terlihat  mengenakan kain ihram putih, pakaian yang dipakai oleh umat muslim saat menunaikan ibada umrah.Yang spesial pada ibadah umrah Presiden Jokowi kali ini adalah kesempatan yang didapatkan untuk masuk ke dalam bangunan Ka’bah. Presiden Jokowi masuk ke dalam ka’bah tepat sebelum melakukan tawaf dan melihat batu Hajar Aswad. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi terlihat memasuki bangunan bersama Istrinya, yang kemudian diikuti oleh anaknya. Salah satu kandidat presiden 2019  tersebut terlihat mendapatkan pengawalan khusus dari beberapa orang dari pihak kerajaan. Meskipun tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam ka’bah, namun Jokowi bersama keluarganya berkesempatan untuk masuk ke dalam. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongannya direncanakan tiba kembali di Jakarta pada Senin (15/4/2019) malam.