/Sering Menemani Suami, Ini Dia Profil Iriana Widodo

Sering Menemani Suami, Ini Dia Profil Iriana Widodo

Ibu negara memiliki peran penting bagi seorang pemimpin, begitu juga Ibu Iriana Widodo. Ayo lebih dekat mengenal beliau!

Setiap pemimpin suatu negara tidak lepas dari pasangannya atau ibu presiden dalam menjalani berbagai aktifitas kenegaraan. Siapa sangka peran ibu negara begitu besarnya bagi sebuah bangsa. Salah satunya Ibu Iriana Joko Widodo, yang merupakan istri Presiden Indonesia ke-7, Joko Widodo. Penasaran dengan Ibu Iriana Widodo di tengah keluarga Jokowi sederhana, berikut ini biografi Ibu Iriana Widodo.

Biografi Ibu Iriana Widodo, Sosok Ibu Negara yang Sederhana

Kerap muncul di layar kaca bersama suami, Ibu Iriana Joko Widodo merupakan sosok yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jauh sebelum menjadi presiden, Ibu Iriana Widodo tetap setiap mendampingi suaminya. Ibu Iriana Widodo dilahirkan di Surakarta pada 1 Oktober 1963 merupakan anak pertama dari lima bersaudara pasangan  Noto Mihardjo dan Sudjiatm yang merupakan seorang guru. 


Nama dari ibu negara ini berasal dari kata “Irian Jayapura” yang diberikan kakek Ibu Iriana yang sebelum tahun ’60 merupakan seorang guru yang bertugas di Irian Jaya atau Papua. Tpat pada tanggal 1 Oktober 1963 kakek Ibu Iriana pulang ke Jawa dan lahirlah Ibu Iriana.

Pertemuan dengan Bapak Joko Widodo bermula ketika memasui usia remaja, Ibu Iriana sering bermain ke teman sekolahnya yang bernama Iit Sriyanti. Iit Sriyanti merupakan adik dari Joko Widodo (Jokowi). Sehingga, secara tidak sengaja Iriana suka bertemu dengan Joko Widodo  yang saat itu masih berkuliah di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Perlu waktu 6 bulan bagi Jokowi untuk menarik hati  seorang Iriana. Hingga ketika Iriana berusia 23 tahun, Jokowi menikahinya dengan mas kawin cincin seharga Rp24 ribu yang masih melingkar di jari manis kiri Ibu Iriana. Setelah menikah, Iriana dibawa Jokowi ke Aceh yang saat itu bekerja di PT Kertas Kraft. Kemudian ketika Iriana hamil muda, Jokowi meninggalkan pekerjaannya dan pindah ke Solo.

Aktifitas Ibu Negara (kibarkini.com)


Di Solo Jokowi merintus usaha furnitur dan meraih kesuksesan yang selalu disupport oleh Iriana. Kemudian saat Jokowi menjadi Wali Kota Solo, Iriana dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dengan aktif  memimpin kegiatan PKK dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Iriana sangat peduli dengan kemiskinan, keluarga jokowi sederhana memang betul adanya  mereka pernah merasakan kemiskinan sebagai contoh ketika rumah mereka digusur tanpa adanya ganti rugi. 

kemudian, ketika Joko Widodo menjabat Gubernur DKI Jakarta Iriana pindah ke Jakarta  dan lagi-lagi harus menyesuiakan dengan lingkungan baru kembali. Hingga pada tahun 2014 Jokowi dilantik sebagai presiden, Iriana tetap tampil sederhana seperti ketika dirinya di Solo. Hingga beberapa media pernah menyorotinya lantaran ibu presiden yang sering tampil sederhana dengan make up dan dandanan yang jauh dari kesan glamor. Iriana adalah sosok yang sangat mencintai keluarganya dan bangsa Indonesia.