/Kenali 7 Cara Agar Tetap Profitabel Saat Bekerja di Rumah

Kenali 7 Cara Agar Tetap Profitabel Saat Bekerja di Rumah

Produktifitas menjadi permasalahan utama bagi mereka yang melakukan pekerjaan dari rumah.

Sekarang ini, banyak orang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan.  Dengan adanya teknologi, membuat seseorang tidak melulu melakukan pekerjaanya dikantor, namun juga dari rumah, café atau ditempat lain yang mempunyai fasilitas untuk menuntaskan pekerjaan.

Beberapa orang dengan profesi pekerjaan seperti, Designer, Penulis, atau juga Profesional Web, lebih meilih untuk menuntaskan pekerjaan mereka dari rumah. Selain memperoleh ketenangan, mereka yang bekerja dirumah juga tak perlu harus merasakan kemacetan lalu-lintas.

Namun bekerja dirumah juga tidak memungkinkan seseorang untuk tidak mendapat hambatan. Pelatih manajemen waktu dan produktifitas Clare Evans menyampaikan, salah satu hambatan bagi mereka yang melakukan pekerjaan dari rumah adalah masalah kedisiplinan, kurangnya interaksi sosial, dan juga berbagai tugas mengurus rumah, seperti, mencuci, mengepel lantai, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Evan memiliki cara sederhana agar tetap profitable saat bekerja dirumah.

Bekerja dirumah ( Moneysmart.id )

1.Menata ruang kerja senyaman mungkin.

Adanya ruang kerja dirumah akan membuat anda menjadi lebh produktif saat bekerja. Dalam memilih ruang kerja, hendaknya memilih ruangan yang jaauh dari kebisingan. Apabila rumah yang ditinggali, tidak memiliki ruangan yang memadai, cukup sediakan meja dan kursi yang nyaman. Pilih meja portabel untuk menjadi meja kerja, agar tetap nyaman dalam bekerja.

2.Menentukan waktu produktif dalam bekerja.

Meskipun bekerja dari rumah, tubuh harus tetap terjaga kesehatanya. Oleh sebab itu bekerja dari rumah juga membutuhkan keteraturan. Temukan jam kerja produktif anda, agar kehidupan anda juga dapat berjalan dengan normal.

Terlebih bagi anda yang sudah berkeluarga, jam kerja teratur akan membuat anda dapat mengurus berbagai pekerjaan rumah yang anda kerjakan.

3.Sediakan waktu beristrahat ditengah jam kerja.

Sama halnya dengan dikantor, bekerja dirumah juga memerlukan waktu untuk istrahat ditengah pekerjaan. Hal ini akan membantu anda untuk tetap berpikir jernih selama bekerja.

Evans menyarankan, berikan batas waktu berbeda, setiap kali kita melakukan jeda saat bekerja.

4.Pergi refresing.

Bekerja dirumah seharian akan membikin jenuh pikiran anda. Oleh sebab itu, lakukanlah refresing atau berpergian untuk sekedar jalan jalan, agar pikiran anda tetap segar.

5.Membuat daftar prioritas.

Menurut Evans, terus-menerus menghabiskan waktu untuk bekerja bukanlah merupakan hal baik. Oleh sebab itu anda perlu memperjelas tujuan yang akan anda capai. Mulailah membuat tujuan, dari tujuan jangka pendek (harian, bulanan) ataupun tujuan jangka panjang (menahun).

Buatlah juga daftar tugas, dan tetapkan prioritas pekerjaan yang harus lebih dulu diselesaikan.

6.Bersikap professional

Meskipun bekerja dirumah tidak membutuhkan pakaian dinas. Namun anda tetap harus mengenakan pakaian yang baik saat anda akan bertemu dengan klien.  Dan jangan lupa tetap menggunakan bahasa formal dalam komunikasi yang anda lakukan.

7.Menentukan jam maksimal dalam bekerja.

Anda juga memerlukan batasan dalam bekerja. Tetapkanlah batasan waktu bekerja anda, agar kondisi fisik anda tidak terganggu. Pergunakan ruang kerja hanya pada saat kita bekerja.