/3 Pilihan Investasi yang Profitable untuk Generasi Muda.

3 Pilihan Investasi yang Profitable untuk Generasi Muda.

Mulailah dengan memilih jenis investasi yang aman, agar dana yang anda keluarkan tidak sia sia.

Banyaknya gawai investasi yang semakin berkembang di tanah air, membuat masyarakat, khususnya generasi muda mulai mendominasi pasar modal. Namun, banyak juga dari mereka yang masih bingung, investasi mana yang akan mereka pilih.

Sebelum melakukan investasi, terlebih dahulu kenali instrument investasi, ada dua jenis instrument investasi, yaitu investasi jangka pendek, dan investasi jangka panjang. Pemilihan instrument investasi ini penting untuk dilakukan, agar uang yang dikelola untuk investasi dapat diatur dengan baik.

Ada tiga pilihan investasi yang popular dikalangan masyarat, seperti yang dikemukanan CEO Halofina, Adjie Wicaksana saat diwawancara oleh awak media (20/3/2019). Halofina merupakan aplikasi yang diperuntukkan sebagai perencana keuangan.

Apa saja investasi popular tersebut, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1.Investasi bidang properti.

Properti menjadi salah satu gawai investasi yang sangat menarik. Banyak para pemerhati investasi yang menyarankan untuk berinvestasi dalam bidang properti, karena wujudnya real, dan sulit untuk menarik dana yang kita pergunakan untu investasi. Selain itu harga properti juga selalu mengalami kenaikan setiap waktunya.

“properti merupakan investasi yang bisa dilihat dan bisa drasakan. Dan secara psikologis akan membuat orang memiliki sesuatu,” ungkap adjie.

2.Logam mulia (emas).

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang banyak diminati masyrakat. Investai emas selalu dianggap menguntungkan.

Para investor banyak menggunakan uang mereka untuk berinvestasi dalam instrument emas. Setiap tahunya harga emas selalu mengalami kenaikan, selain itu penurunan nilai emas juga tidak terjadi secara signifikan.

“sama halnya dengan properti, emas juga bisa dirasakan dan disimpan oleh pemiliknya. Emas yang dimaksud disini, bukan emas yang dibeli dalam bentuk digital dan membuat kita tidak bisa merasakanya, namun emas yang beli dan bisa disimpan oleh para investor,”. Terang adjie.

Investasi emas ( ekonomy.okezone.com )

3.Deposito

Investasi terahkir yang juga akrab ditelinga masyarakt kita adalah deposito. Instrument investasi ini banyak diminati masyarakat, karena kemudahanya. Pengelolaan investasi ini diserahlan sepenuhnya kepada pihak Bank.

Sistem deposito adalah dengan dengan melakukan penyimpanan uang dibank dengan penyetoran yang penarikanya hanya bisa dilakukan sampai dengan batas waktu penyimpanan telah usai. Uang yang kita depositokan di bank juga akan dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu.

Menurut adjie, dana yang kita depositokan keamananya akan sangat terjamin.

“saya menyarankan deposito, karena deposito itu aman, dan sangat terjamin. Bila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dari dana yang kita investasikan, maka pemerintah otomatis, akan meng-covernya melalui LPS,”kata Adjie.

Adie menambahkan, ketiga jenis investasi tersebut merupakan investasi yang aman dan mudah dipahami oleh masyarakat. Investasi lain seperti halnya sukuk, saham ataupun surat berharga, merupakan investasi yang rumit dan susah dipahami.

“jadi tiga jenis investasi tersebut dapat kita pilih, karena keamananya, dan mudah pula dipahami,” terangnya.