/Minum Air Putih dan Menghindari Makan Berlebih Dapat Membantu Mengurangi Berat Badan.

Minum Air Putih dan Menghindari Makan Berlebih Dapat Membantu Mengurangi Berat Badan.

Banyak anak muda yang merasa kurang percaya diri karena kelebihan berat badan. Menariknya, banyak juga dari mereka yang memiliki keinginan kuat untuk menurunkan berat badanya namun malas melakukan olahraga secara teratur. Padahal dengan memiliki tubuh yang ideal akan menjadikan kehidupan kita menjadi lebih sehat. Bagi anda yang ingin mengatasi berat badan berlebih, namun malas atau tidak punya waktu untuk olahraga, anda dapat mengatasinya dengan mengatur pola makan anda.

Dilansir medicaldaily, ada beberapa langkah untuk mengurangi berat badan tanpa perlu melakukan olahraga.

1.Minum air putih yang cukup.

Para peneliti mengungkapkan, meminum air putih akan membuat orang merasa kenyang. Hasi studi menyebut, meminum setengah liter air 30 menit sebelum kita makan akan membantu mengurangi rasa lapar, sehingga akan menghindarkan diri kita dari asupan kalori berlebih saat makan.

2.Mengunyah makanan secara perlahan.

Orang yang mengunyah makanan secara cepat, berpotensi memiliki berat badan berlebih. Dari sebuah hasil studi menunjukkan, orang yang memakan makananya dengan cepat memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kenaikan berat badan mereka apabila dibandingkan dengan mereka yang memakan makananya lebih lambat. Medicaldaily merilis, makan makanan secara perlahan memberikan waktu kepada otak untuk memproses konsumsi dan membuat tubuh merasa lebih kenyang. Hal ini akan membuat asupan kalori yang kita terima dari makanan akan lebih rendah.

3.Hindari memakan makanan yang tidak sehat dan berkalori tinggi

Memakan makanan yang tidak sehat akan berdampak signifikan terhadap berat badan kita. Bahkan memandang makanan dengan kalori tinggi akan dapat meningkatkan rasa lapar kita.

Hasil studi menunjukkan, rasa lapar akan meningkat tatkala kita memandangi makanan dengan kalori yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, hindari memandang makanan berkalori tinggi, dan mulai konsumsi buah buahan.

Makanan menyehatkan dan tidak menyehatkan ( Health.kompas.com )

4.Gunakan piring kecil untuk makanan yang tidak sehat.

Apabila anda tidak kuat untuk tidak memakan makanan yang tidak sehat, anda dapat mengatasinya dengan menggunakan piring yang lebih kecil saat makan.  Piring kecil dapat menipu otak untuk berpikir bahwa seseorang makan lebih banyak.

5.Hindari ponsel dan piranti lainnya saat makan.

Lebih memperhatikan makanan akan dapat membantu untuk menerima asupan kalori yang lebih sedikit.

Hasil tinjauan dari 24 kasus menemukan, orang yang perhatiannya teralihkan pada saat makan, akan mengambil hampir 10% lebih banyak makanan, daripada mereka yang fokus pada makanan mereka.

6.Istirahat yang cukup.

Pola tidur yang buruk akan mempengaruhi peningkatan hormon lepthin dan ghrelin yang berfungsi sebagai hormon pengatur nafsu makan. Peningkatan hormon secara tiba tiba akan membuat nafsu makan menjadi meningkat.