/Hal-hal yang Harus Dipatuhi Saat Berada Di Jalan Tol

Hal-hal yang Harus Dipatuhi Saat Berada Di Jalan Tol

Ini Lho Hal yang Wajib Kalian Patuhi Saat Di Jalan Tol

Mungkin sudah banyak dari kalian yang mengetahui apa itu jalan tol bukan?  Ya, jalan tol merupakan suatu jalan yang dikhususkan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih, seperti bus, truk atau mobil. Tujuan dari jalan tol sendiri yakni dapat mempersingkat jarak dan waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain.

Di Indonesia sendiri sudah banyak jalan tol dibangun, mungkin saat ini sudah mencapai ratusan km jalan tol yang sudah di bangun di Indonesia, masyarakatpun sudah bisa menikmati berbagai tol baru yang sudah diresmikan pemerintah akhir-akhir ini.

Dilansir dari oto.detik.com, Rifat Sungkar, Direktur Rifat Drive Labs mempunyai beberapa tips nih buat kalian yang setiap hari harus melewati jalan tol untuk melakukan aktivitas keseharian. Beberapa hal yang menjadi perhatian Rifat yakni terkait berkendara yang ideal di jalan tol.

Berikut ini hal yang wajib kalian patuhi saat melintas di jalan tol:

1.Menjaga jarak aman

Jarak teraman saat melintas di jalan tol yakni 3 detik, berapapun kecepatannya. Menjaga jarak 3 detik dengan mobil di depan merupakan cara yang paling aman. Dengan mematuhi konsep jarak aman 3 detik ini, maka kalian akan memiliki ruang yang cukup untuk melakukan antisipasi apabila ada hal-hal darurat yang terjadi di jalan tol.

Ketahui  jarak aman (berita.rajamobil.com)

2.Mengetahui fungsi jalur-jalur yang ada di jalan tol

Artinya jangan seenaknya berada di jalur paling kanan jika kalian berada pada kecepatan yang tidak seharusnya. Pada dasarnya jalur kanan digunakan untuk mereka yang berada di kecepatan paling laju dan hendak menyusul/menyalip, jadi bukan untuk berkendara santai.

Nah, jika kalian sedang berada di kecepatan yang konsisten, berkendaralah di jalur tengah atau paling kiri. Pengetahuan ini mungkin tergolong sederhana dan sepele. Namun kenyataanya masih banyak pengguna jalan tol yang belum sadar akan fungsi dari jalur-jalur yang tersedia ini.

3.Menghilangkan kebiasaan buruk saat menyalip

Dan yang terakhir yakni hilangkanlah kebiasaan buruk menyusul/menyalip di jalan tol yang terlalu berdempetan dengan mobil di depan. Sering kali melihat kejadian mobil yang ingin menyalip mobil di depannya ini selalu bermanuver layaknya bumper to bumper. Ini adalah hal yang berbahaya, pasalnya saat mobil di depan kalian bereaksi secara mendadak, kan kalian tidak memiliki waktu sama sekali untuk bereaksi secara mendadak, terlebih saat berada pada kecepatan yang tinggi.

Jadi, hilangkanlah kebiasaan seperti itu yak. Bersabar dan bersikap lebih bijak akan membuat iklim berkendara di jalan tol menjadi lebih baik.Bagaimana dengan kalian gengs? Mulai dari sekarang sebaiknya lakukan cara-cara yang sudah disebutkan diatas saat melintas jalan tol yak gengs. Ingat keluarga di rumah menunggu kalian, jadi utamakan keselamatan yak. Semoga bermanfaat.