/Atlet Tanah Air Dengan Prestasi Gemilang di Sepanjang Tahun 2018

Atlet Tanah Air Dengan Prestasi Gemilang di Sepanjang Tahun 2018

Tahun 2018, menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional.

Tahun 2018 lalu menjadi tahun yang istimewa bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya ditahun tersebut, banyak atlet tanah air yang mampu menorehkan sejumlah prestasi yang menggembirakan.

Selain itu, ditahun 2018 lalu, Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah dalam gelaran Asian Games 2018, selain itu banyak atlet Indonesia yang menunjukkan penampilan terbaiknya dan terbukti mampu bersaing dengan atlet lain di tingkatan Asia.  Hal tersebut menjadikan tahun 2018 menjadi tahun yang penuh dengan warna.

Dilansir tempo.co, berikut daftar 5 atlet dengan prestasi gemilang ditahun 2018 yang layak diingat kembali.

1.Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulyo

Marcus-Kevin merupakan pebulu tangkis ganda Indonesia yang menduduki peringkat satu dunia. Sepanjang tahun 2018, Marcus-Kevin mampu menyabet delapan gelar juara. Selain menjuarai Asian Games 2018 lalu dalam cabang olahraga bulu tangkis, Marcus-Kevin juga mampu mempertahankan gelar All England. Selain itu mereka juga menjadi juara dibeberapa turnamen kelas super series premium.

Marcus-Kevin juga mendapatkan penghargaaan dari Badminton World Federation (BWF) sebagai Pebulu Tangkis Putra Terbaik 2018.

2.Samantha Edithso 

Samantha merupakan pecatur cilik berbakat Indonesia, diusianya yang baru menginjak 10 tahun, Samantha sudah mengantongi dua gelar kejuaraan ditahun 2018.

Samantha meraih gelar pertama pada tahun 2018 saat ia mengikuti Kejuaraan Dunia Catur Cepat yang digelar di Belarusia pada bulan juni. Kemudian ia kembali menjadi juara dikejuaraan Catur Klasik yang saat itu berlangsung di Spanyol.

Samantha Edithso ( Video.com )

3.Aries Susanti Rahayu.

Namanya masuk dalam kategori sebagai atlet dengan olahraga terheboh ditahun 2018. Tahun lalu, Aries berhasil menyabet tiga medali emas dalam kejuaraan dunia cabang olahraga panjat tebing.

Ketiga ajang olahraga tersebut, digelar di Rusia dan dua lagi di Cina, tidak hanya itu, Aries juga kembali mengharumkan Indonesia dengan meraih medali emas di Asian Games 2018.

4.Sapto Yogo Purnomo

Salah satu atlet dengan prestasi olahraga terheboh lainya adalah  sapto. Ia merupakan atlet para atletik nomor jarak pendek tanah air. Sprinter asal purwokerto ini menyabet tiga medali emas dalam ajang Asian Para Games tahun 2018 lalu. Sapto meraih kejuaraan dengan nomor 100 meter, 200 meter dan 4×100 meter.

Sapto juga mampu memecahkan rekor Asia dengan nomor 100 meter dengan 11,49 detik, yang sebelumnya dipegang oleh pelari asal Cina , Yongbin Lian dengan 11,51 detik.

5.Daud Yordan.

Daud merupakan petinju profesional tanah air yang hingga saat ini masih bertahan di peringkat dunia. Petinju kelahiran Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat ini mampu menduduki posisi empat kelas ringan versi WBA.

Tahun 2018 lalu, saat pertandingan tinju yang diselenggarakan di Ekaterinburg, Rusia, Daud Mampu menang KO atas Pavel Malikov  pada ronde ke-8.