Mengenal Norick Abe, Pembalap Yang Berpengaruh Dalam Karier Rossi

Sport

Abe menjadi sosok inspirasi Rossi karena gaya balapanya yang tak mengena takut dan liar.

Rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sangat mengagumi mantan pembalap 500cc asal Jepang, Norifumi Norick Abe. Rossi mengaku, sosok Abe lah yang memotivasinya sehingga akhirnya terjun dalam dunia balap motor.

25 tahun lalu, tepatnya tahun 1994, Abe menjadi pusat perhatian tatkala tampil impresif sebagai pembalap Wild Card pada Grand Prix Suzuka Jepang. Nama abe kala itu masih belum bersinar diantara pembalap senior lantaran usianya yang masih amat muda yaitu 19 tahun.

Dalam buku autobiografinya, rossi mengungkapkan bahwa ia selalu kagum dengan cara balapan Abe yang menurutnya  sangat liar dan tidak mengenal rasa takut.

dilansir Spedweek, Rabu (24/4/2019). Meskipun saat ini, dirinya (rossi) juga telah menjadi legenda di MotoGP, namun, ia tak pernah berhenti untuk mengagumi sosok Abe. “saya adalah fans Norick, saya masih menyimpan foto dan tanda tangan darinya,” ujar rossi.

Norifimi Norick Abe ( motor 24.pt )

Baca juga :

Valentino Rossi Adalah Salah Satu Pembalap MotoGP Yang Memiliki Karir Cemerlang. Berikut Ini Fakta Menarik Seputar Valentino Rossi

Sebelum Valentino Rossi Terdapat Banyak Pembalap Dunia Yang Berprestasi. Siapakah Pemegang Rekor Juara Dunia Terbanyak ?

Rossi juga mengaku bahwa ia mulai termotivasi untuk terjun dalam dunia balap MotoGP tatkala menyaksikan Norick Abe menggeber motornya dilintasan balap Suzuka. “setelah itu saya benar benar ingin menjadi pembalap motor,” katanya.

Tatkala dirinya sudah memasuki dunia balap, rossi berkesempatan untuk berkompetisi pada sosok yang telah menjadi inspirasinya itu. Rosi menyebut bahwa dirinya sangat beruntung dapat berkompetesi melawan Abe.”Kami berduel dalam beberapa kali kesempatan,” ungkapnya.

Hingga kini, The Doctor julukan Valentino Rossi masih merasa berhutang kepada Norick Abe. Baginya Norick adalah sosok yang memiliki kontribusi besar dalam perjalanan karirnya sebagai pembalap motor. Ia juga memiliki kenangan menyenangkan tentang norik. “Pada 2001, kami bertarung untuk kemenangan di Jerez dan saya menang,” katanya.

Salah satu bukti kuat yang menunjukkan kekaguman rossi atas Abe adalah julukan rossifumi yang dulu pernah disandangnya. Nama Rossifumi merupakan gabungan dari nama Rossi dan nama depan Abe yaitu Norifumi.

Kini diusianya yang ke 40 tahun, Rossi masih belum memperlihatkan diri untuk pensiun dari dunia balap motor. Tercatat, sudah 7 kali ia menjuarai Kejuaraan Dunia MotoGP, yaitu pada tahun 2001 hingga 2005 kemudian di tahun 2008 dan 2009. Ia menjadi rider pertama yang palig banyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500cc.