/Banyak Berita Beredar Tidak Valid, Begini Cara Google Filter Berita Hoax

Banyak Berita Beredar Tidak Valid, Begini Cara Google Filter Berita Hoax

Hoax di Indonesia dalam beberapa waktu ini cepat berkembang. Untuk itu google melakukan filter terhadap berita hoax.

Perkembangan teknologi yang terlampau canggih, juga perlu dibatasi dengan filter. Hal tersebut dikarenakan, tidak semua berita yang ada di internet sekarang ini adalah benar. Apalagi akhir-akhir ini banyak berita hoax yang bermunculan di musim pemilu ini. Sebelum lebih jauh, apa sebenarnya pengertian hoax itu sendiri?

Hoax di Indonesia Berkembang Ketika Momen Politik

Bahaya Hoax (internetsehat.id)

Hoax secara sederhana dapat dimengerti suatu yang belum tentu benar dan kebanyakan adalah bohong. Tujuannya apa? Hoax di Indonesia sekarang ini lebih bertujuan secara politis, yaitu menjatuhkan lawan politik dan menggiring opini masyarakat. Menanggapi fenomena tersebut Google Indonesia mengaku memiliki halaman ‘Pemilihan Umum 2019’ yang berisikan  berbagai berita yang  terverfiikasi untuk menangkal hoaks menjelang Pemilu 2019.

Baca Juga:

TNI dan Polri akan Tindak Berbagai Upaya Inkonstitusional dan Ganggu Keamanan

Keren! Akun YouTube Pak Jokowi Tembus 1 Juta Subscriber

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, Putri Alam, yang mengatakan bahwa dalam halaman tersebut mesin pencari akan menampilkan informasi penting tentang hukum, ekonomi, keamanan, pembangunan manusia, dan pemerintahan.

Selain itu terdapat fitur liputan lengkap yang menunjukkan konten dari fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Sehingga konten hoax akan dapat diminimalisir.

Teknologi google yang terbaru dalam filter terhadap berita hoax adalah dengan menyusun algoritma tertentu agar berita hoaks atau yang tidak relevan tidak muncul di halaman awal pada mesin pencariannya.

“Kita buat sistem rating berdasar kualitas. Jadi dari algoritma itu yang muncul di permukaan adalah sumber-sumber terpercaya seperti dari media-media kredibel,” ujar Putri

Baca Juga:

Rudiantara Ajak Genereasi Muda Aceh Untuk Lawan Hoaks Jelang Pemilu

Sebaran Berita Hoaks Media Sosial Rugikan Jokowi

Google juga telah melakukan upaya lainnya yaitu dengan mencabut sumber informasi dari pihak-pihak penyebar hoaxyang tidak bertanggung jawab. Meskipun pihak Google Indonesia mengaku belum memiliki data rinci mengenai pencabutan informasi hoaks terkait pemilu.  Intinya adalah konten-konten yang melanggar hukum Indonesia, maka akan langsung dilakukan upaya “take down”.


Selanjutnya Google Indonesia juga akan memberikan konteks yang lebih jelas kepada pengguna. Cara tersebut dilakukan Google dengan menyediakan informasi yang diklaim akurat dan terpercaya. Sehingga masyarakat Indonesia dharapkan dapat menggunakan teknologi dengan cara sebijak mungkin.