PUPR Investasi Rp481 Miliar untuk Peningkatan Infrastruktur Labuan Bajo

Ekonomi

Indonesia akan memimpin ASEAN pada tahun 2023 dan Presiden Jokowi (Joko Widodo) memulai momentum keketuaan dengan membuka Kick Off pada 29 Januari 2023. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran publik dan membangun komitmen bersama dalam mencapai keberhasilan keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Menyongsong keketuaan ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk membangun infrastruktur yang kuat dan mendukung konektivitas venue KTT ASEAN Summit yang akan diselenggarakan pada Mei 2023. Pembangunan jalan sepanjang 25 km yang meliputi 4 jembatan dengan total panjang 175 meter telah selesai dengan dana APBN sebesar Rp481 miliar dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Yodya Karya.

PUPR Membangun Embung Anak Munting untuk Pariwisata Labuan Bajo

PUPR juga membangun Embung Anak Munting di antara Labuan Bajo dan Tanamori untuk mendukung konservasi dan pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo. Selain itu, Kementerian PUPR telah menyelesaikan kawasan Waterfront Marina dan Puncak Waringin yang akan digunakan sebagai venue untuk acara ASEAN Summit.

Presiden Jokowi yakin bahwa ASEAN masih relevan dan penting bagi rakyat, kawasan, dan dunia, dan bertekad untuk mempersiapkan momentum keketuaan Indonesia dengan upaya penguatan koordinasi dan dukungan infrastruktur. Indonesia berkomitmen untuk menjadi ketua ASEAN yang sukses dan berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo Pasific serta mempertahankan pertumbuhan ekonomi.