/Tips Menabung Saham untuk Pemula

Tips Menabung Saham untuk Pemula

Saham dinilai menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan. Anda dapat memulainya dari sekarang. Simak beberapa tipsnya.

Saham menjadi salah satu cara yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif lain dari investasi dalam bentuk emas, properti, dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang, saham juga dianggap lebih menguntungkan dibanding dengan menabung uang secara konvensional. Menabung untuk saham dinilai menguntungkan karena mengikuti perkembangan perusahaan yang kita beli sahamnya. Berbeda dengan menabung secara konvensional yang bisa terkena inflasi dan berbagai risiko keuangan lain. Bagi Anda yang ingin mulai belajar saham, ada beberapa tips menabung saham untuk pemula.

Selain harus mengetahui tips menabung saham untuk pemula, Anda juga harus mengetahui apa itu tabungan saham.

Tabungan saham bisa diartikan sebagai tabungan khusus yang dapat digunakan untuk membeli saham dengan rutin sekaligus sebagai tabungan penyimpan laba hasil transaksi saham. Tabungan dalam bentuk saham belum banyak diminati oleh generasi milenial. Padahal tabungan dalam bentuk saham lebih menguntungkan daripada tabungan konvensional lain. Tabungan saham bergantung pada produktivitas perusahaan pemilik saham tersebut bekerja. Jika perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik maka hasilnya akan semakin baik.

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda tepat dalam menanam saham. Anda akan mendapatkan keuntungan Capital gain atau keuntungan harga jual, serta keuntungan Deviden yaitu keuntungan yang berasal dari perusahaannya sendiri. Menabung dalam bentuk saham bisa diibaratkan seperti memiliki sebuah tanah. Selain mendapatkan keuntungan yang berupa harga jual, juga akan mendapatkan keuntungan dari sewa.

Tentukan saham yang akan dibeli (phujeeathiee.wordpress.com)

Beberapa langkah dan tips menabung saham bagi pemula, yaitu sebagai berikut.

1.Buka Tabungan Saham

Jenis tabungan ini mulai banyak tersedia di bank-bank umum di Indonesia. Hanya saja pelayanannya saja yang berbeda seperti BNI sekuritas, Mandiri sekuritas, dan lain sebagainya. Cara pembukaannya juga tidak berbeda dengan membuka tabungan konvensional, identitas diri, saldo minimal dan lain sebagainya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, tabungan ini berfungsi sebagai tempat menabung untuk membeli saham sekaligus menyimpan laba pembelian saham.

2. Tentukan Nominal Menabung

Dalam rangka menabung, Anda harus menentukan jumlah nominal yang akan Anda sisihkan untuk keperluan menabung saham. Yang harus diketahui adalah dalam menyisihkan dana untuk tabungan saham, usahakan untuk tidak mengganggu pengeluaran bulanan Anda. Ada beberapa perusahaan yang menjual saham mereka dalam nominal tertentu. Jadi misal perusahaan A menjual saham dalam minimal pembelian seharga Rp1.000.000. Dalam mencapai nominal tersebut, Anda bisa mengatur sendiri berapa nominal yang akan Anda tabungkan.

[artikel number=3 tag=”Bisnis, saham”]

3. Tentukan Saham Perusahaan yang Diincar

Agar lebih semangat dan lebih matang, cobalah untuk mulai menentukan saham dari perusahaan mana yang menjadi incaran Anda. Memilih saham yang tepat akan memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda. Cobalah untuk menganalisa perusahaan yang sahamnya akan Anda beli. Apakah perusahaan tersebut sehat dan bisa berkembang, lalu perhatikan pula grafik harga saham untuk menentukan pembelian pada saat yang tepat. Anda dapat menganalisa melalui BEI melalui idx.co.id. Terdapat 45 daftar perusahaan dengan nilai transaksi dan likuiditas yang tinggi yang bisa Anda pilih.

4. Beli Saham dengan Rutin

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan dalam membeli saham. Melalui broker saham atau bisa juga membelinya secara mandiri. Anda dapat meminta broker untuk melakukan pembelian sekaligus mambantu Anda untuk menentukan saham yang tepat. Namun Anda juga dapat membeli sendiri melalui trading saham online system yang sudah disediakan broker pada nasabah melalui PC atau smartphone.

Itulah beberapa tips dan cara menabung saham untuk pemula. Segera miliki tabungan saham Anda dan dapatkan keuntungan berlipat ganda.