/Jack Ma Memberikan Nasihat Tentang Perjalanan Karir yang Akan Menjadikan Anda Sebagai Orang Sukses.

Jack Ma Memberikan Nasihat Tentang Perjalanan Karir yang Akan Menjadikan Anda Sebagai Orang Sukses.

Semangat kerja Jack Ma ternyata membuatnya menjadi salah satu orang yang terkaya di China. Jack Ma memulai karirnya dari seorang yang tidak memiliki apa-apa sampai kini memiliki salah satu perusahaan raksasa di China, yaitu Alibaba Group. Meskipun Jack Ma tidak memiliki keahlian dalam bidang IT, ia kini justru menjadi pemiliki perusahaan yang paling banyak menekankan pentingnya IT. Perjalanan karir Jack Ma tidak mulus. Ia harus melalui berbagai macam kondisi yang dengan sukses ia jalani. Jack Ma pernah memberikan beberapa nasihat terkait perjalanan karir seseorang agar sukses menjadi seorang entrepeneur.

Berikut ini adalah nasihat tentang perjalanan karir yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan Anda.

1.Belajar

Sebelum menjadi seorang yang sukses, Anda harus belajar banyak hal untuk mencapai kesuksesan. Anda harus belajar berbagai hal untuk membantu Anda menuju kesuksesan. Sebelum Anda berumur 20 tahun, Anda harus menjadi seorang murid yang baik. Carilah pengalaman yang banyak, gali ilmu sedalam-dalamnya. Anda juga harus belajar sabar, harus bekerja keras, dan belajar apa saja yang sekiranya akan Anda butuhkan sebelum memulai usaha. Anda juga dapat membuat perencanaan karir untuk ke depannya.


Belajar untuk mempersiapkan masa depan ( ismedrizal.id )

2.Mencari Pengalaman

Pada tahap ini, Anda harus mencari pengalaman dan mulai mempraktikkan apa yang Anda pelajari di tahap sebelumnya. Sebelum berada di umur 30 tahun, Anda bisa melamar pekerjaan  dan bekerja di perusahaan yang Anda inginkan untuk mendalami hasil belajar Anda. Mindsetnya adalah bukan perusahaan mana yang akan Anda tuju, tapi bos mana dan seperti apa yang ingin Anda ikuti. Masuk ke dalam perusahaan besar bagus untuk memahami proses, sedangkan dalam perusahaan kecil Anda akan belajar banyak tentang arti sebuah impian, tujuan, dan semua hal secara detail. Jangan takut untuk memiliki sebuah kesalahan.

3.Mulai Mendirikan Sebuah Bisnis

Mendirikan bisnis dapat Anda mulai sebelum Anda berumur 30 atau 40 tahun. Pada umur ini, Anda bisa bisa mulai menerapkan proses belajar dan pengalaman Anda pada tahap sebelumnya. Anda juga harus memiliki keberanian untuk memulai sebuah bisnis. Gunakanlah semua pengalaman, insting, dan jangan lupakan impian Anda dalam membangun bisnis.

4.Fokus pada Skill Anda

Pada umur 40 sampai 50 tahun, Anda harus mulai fokus dengan binsis yang Anda kuasai. Anda sudah harus menemukan bisnis apa yang akan Anda dalami dan kuasai di dunia kerja sebelumnya. Tidak ada waktu lagi untuk mencoba berbagai bisnis. Anda hanya harus memilih pada 1 bidang yang menjadi keahlian Anda.

5.Nikmati Hidup Anda

Anda dapat menikmati hidup Anda pada umur 60 tahun. Pada umur ini, seharusnya Anda sudah berada dalam posisi kemapanan dalam berbisnis.Anda dapat menyerahkan bisnis Anda kepada orang kepercayaan Anda dalam pengelolaannya. Tidak disarankan untuk mengubah bisnis Anda.

Nasihat Jack Ma di atas dapat menjadi sebuah inspirasi dalam meniti karir Anda. Semoga bermanfaat.