/Cara Berhemat di bulan Ramadhan, Susah atau Gampang?
Cara berhemat di bulan Ramadhan

Cara Berhemat di bulan Ramadhan, Susah atau Gampang?

Cara berhemat di Bulan Ramadhan tentunya menjadi beban sebagian orang ketika Bulan Ramadhan datang. banyak yang bingung bagaimana cara memanage pengularan secara efektif.

Pasalnya, Anda mesti mempersiapkan dana untuk mudik mulai dari tiket , oleh-oleh, dan sebagainya. Anda juga mungkin perlu memberi THR pada karyawan atau pembantu rumah tangga yang hendak mudik ke kampung halaman. Masih banyak, bukan, pengeluaran yang mesti ditanggung sampai Lebaran nanti?

Untuk itu, mari pelajari cara berhemat di bulan Ramadhan berikut supaya Anda dapat lebih terkontrol dalam mengelola keuangan dalam sebulan penuh ini.

Cara berhemat di bulan Ramadhan
Kebahagiaan keluarga adalah yang uatama selama Bulan ramadhan (mommiesdaily.com)

Cara Berhemat di Bulan Ramadhan

1. Susun Agenda Keuangan Sebulan Penuh

Dari kini sampai Lebaran nanti, cobalah susun agenda keuangan Anda selama sebulan penuh. Coba pertimbangkan untuk berbelanja selama sebulan penuh, tekan seluruh pengeluaran, dan hindari pengeluaran-pengeluaran yang tak perlu. Anda dapat memakai beragam aplikasi ponsel untuk menolong Anda mengelola keuangan di Bulan Suci ini.

2. Diskon Hunter

Banyaknya promo dan diskon di Bulan Ramadhan untuk kebutuhan dapur, gaya hidup, dan beragam kebutuhan rumah tangga lainnya tentunya akan sangat membantu kalian dalam berhemat.

Seandainya ketika Anda berbelanja, manfaatkan diskon semaksimal mungkin dan persiapkan seluruh kebutuhan untuk sebulan selain untuk bahan-bahan organik seperti sayuran dan daging yang mempunyai rentang waktu relatif sebentar.

3. Lebih Selektif Dalam Mengikuti Acara Buka Bersama

Undangan untuk acara buka bersama tentunya sangatlah banyak ketika Bulan Ramadhan tiba, entah teman semasa SD, SMP, SMA bahkan hanya teman sekedar kenal pasti akan mengajak Anda untuk buka bersama.

Coba Anda seleksi lagi acara buka bersama mana yang  harus Anda ikuti. Daripada buka bersama dengan menghabiskan uang, lebih baik berbuka bersama di masjid yang tentunya gratis.

4. Membawa Bekal Berbuka dari Rumah

Bagi Anda yang mempunyai tempat kuliah atau kerja yang lumayan jauh dari rumah tentunya ketika bulan Ramadhan seperti ini sangatlah terasa ketika kalian harus berbuka di jalan karena belum sampai rumah.

Jauhnya jarak dan juga kewajiban yang harus dilaksanakan tentunya bukan lah sebagai penghambat Anda dalam berpuasa dan juga berhemat. Jangan sampai berbuka di jalan menjadi salah satu penyebab borosnya Anda di bulan Suci ini.

Salah satu solusi yang tepat ialah dengan membawa bekal sendiri dari rumah untuk berbuka ketika Anda masih dalam perjalanan menuju rumah. Dengan membawa bekal ini Anda dapat lebih berhemat lagi.

Demikian ulasan mengenai cara berhemat di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat untuk Anda semua.