/Menjaga Kesehatan Saat Muda, Akan Membantu Menjalani Kehidupan Dengan Lebih Baik Saat Memasuki Usia Senja.

Menjaga Kesehatan Saat Muda, Akan Membantu Menjalani Kehidupan Dengan Lebih Baik Saat Memasuki Usia Senja.

Masa tua kerap kali identik dengan kondisi fisik yang mulai melemah, otot yang mulai kendur dan juga tubuh yang tidak lagi bugar dan kuat seperti saat muda.

Banyak yang berfikiran bahwa menjadi tua adalah suatu hal yang mengerikan, padahal menjadi tua adalah hukum alam yang tidak bisa kita tolak dengan cara seperti apapun. Agar masa tua anda kelak tetap dalam kondisi sehat dan kuat, anda dapat melakukan berbagai hal yang baik saat muda, misalnya dengan olahraga teratur, menjagar pola pikir agar tidak stres, memakan makanan yang sehat dan lain sebagainya. agar kelak, saat usia anda memasuki usia senja, anda tetap dapat melewatinya dengan tubuh yang kuat dan bahagia.

Dengan gaya hidup  yang baik akan membuat kita dapat menghambat dan menangkal berbagai efek yang tidak kita inginkan kala usia kita menjadi tua.

Berikut tujuh gaya hidup sehat demi masa tua yang lebih baik.

1.Selalu bersikap positif.

Memiliki pola pikir yang tidak sehat akan sangat berpengaruh terhadap penuaan yang terjadi dalam diri kita.

Dengan memiliki pola pikir yang positif, akan turut menambah kebijaksanaan dan kepuasan dalam hidup. Hal tesebut akan turut membantu anda untuk memiliki masa tua yang sehat dan bugar.

2.Mulailah memperhatikan pola makan yang sehat.

Nutrisi yang masuk kedalam tubuh saat usia kita muda, memiliki pengaruh yang begitu besar terhadap kondisi tubuh saat usia kita menjadi tua. Menurut riset terbaru yang dilakukan oleh Dr Jeffrey Benabio, diet rendah gula (mengurangi karbohidrat dan sumber gula lain) dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah buahan dan protein tanpa lemak adalah cara paling ampuh untuk menjaga pola makan.

Misalnya dengan menerapkan pola diet mediterania, dengan memakan makanan yang kaya akan nabati, biji bijian dan konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang.

Pola makan ini mencakup konsumsi ikan dua kali seminggu dan diet garam. Dengan diet garam akan membantu kita dalam masa tua yang lebih baik, dan mengurangi gangguan kesehatan dimasa tua, seperti halnya hypertensi gangguan jantung, dan juga stroke.

3.Hindari memakan makanan dengan porsi berlebih.

Menurut National Institute on Aging, makan dengan porsi berlebihan akan dapat menyebabkan resiko kematian dini, juga adapat menyebabkan gangguan sakit lainya yang kerap muncul di usia senja, seperti halnya gangguan jantung, dan juga diabetes.

4.Melakukan olahraga yang teratur.

Menjaga tubuh tetap aktif saat usia muda, merupakan hal penting untuk masa tua yang lebih baik. Hal ini diungkapkan oleh Fabio comana, dosen di National Academy of sport medicine, rata rata perempuan akan kehilangan 23 persen massa otot saat saat usia mereka menginjak umur 30 hingga 70 tahun.

Comana menambahkan, otot kita akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia kita, namun dengan olahraga-khusunya dengan melakukan latihan ketahanan akan dapat meningkatkan massa dan kekuatan hingga kita diusia 90-an.

Masa muda dan masa tua ( Republika.co.id )

5.Bersosialisasi dengan kerabat atau masyarakat disekitar.

Kerabat dan masyarakat yang suportif akan turut membantu kesehatan di usia senja kita menjadi lebih baik. Dilansir PLoS Medicine, ikatan sosial yang kuat akan menambah peluang hidup untuk lebih lama dibanding mereka yang memiliki hubungan sosial yang buruk.

6.Melindungi kulit dari sinar matahari langsung.

Terlalu sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit anda menjadi lebih cepat mengalami penuaan. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahri kita dapat memakai Sun Block untuk mencegah penuaan dini kulit.

Meskipun Sinar UV dari matahari dapat memicu produksi sinar Vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan tulang, akan tetapi, teralu sering terpapar sinar matahari secara langsung akan berdampak negatif terhadap kesehatan kulit.

Benabio mengatakan, setelah beberapa menit berjemur, kulit  akan berhenti memproduksi vitamin D dan mulai menumbuhkan sel kanker.

7.Pola istrahat yang cukup.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar paling tidak dalam sehari kita harus memiliki waktu tidur berkisar antara tujuh sampai delapan jam. Pola tidur yang baik akan membantu mengurangi resiko obesitas, gangguan kardiovaskular, dan juga hyperglikemi.

Menurut banabio, tidur yang nyenyak akan membuat tubuh mampu melepaskan hormon pertumbuhan yang dapat memulihkan kolagen dan elastin, yang akan menjaga kesehatan kulit dan selalu terlihat awet muda.

Kurang tidur akan berdampak buruk pada fungsi otak dan dapat mempercepat proses penuaan.