/Kalian Wajib Tahu, Hal yang Dapat Membuat Ban Cepat Aus!

Kalian Wajib Tahu, Hal yang Dapat Membuat Ban Cepat Aus!

Ternyata hal-hal inilah yang membuat ban mobil/motor kalian tuh cepat aus. Apa aja? Yuk simak!

Ban mobil/motor bisa cepat aus atau rusak sebelum usianya habis. Kondisi ini terjadi bukan hanya cara pemakaian yang salah, melainkan juga minimnya perawatan.

Perawatan yang minim itu sama aja dengan mencelakakan diri sendiri lho! Pasalnya banyak kecelakaan terjadi karena pengendara tidak memerhatikan kondisi mobil/motor mereka. Misalnya kasus kecelakaan karena ban yang mendadak meletus. Padahal insiden ini tuh bisa dihindari jika pengendara mau mengecek ban kendaraan mereka secara rutin.

Berikut beberapa faktor yang bisa membuat ban menjadi lebih cepat aus:

1.Terlalu sering stop and go

Faktor yang membuat ban menjadi lebih cepat aus yakni kondisi stop and go. Kenapa? Sebab setiap kali kendaraan berhenti, maka ban akan bergesekan lebih intens dengan permukaan jalan. Hal yang sama terjadi saat mobil atau motor mulai berjalan.

Maka tidak heran jika ban mobil/motor di kota besar lebih cepat botak atau aus dibandingkan mobil/motor di daerah pedesaan.

Tips merawat ban (bacabrosur.blogspot.com)

2. Sering melintasi jalan dengan permukaan kasar

GM Sales Admin & Planning Departemen Training and Sales Sumi Rubber Indonesia Dunlop, Hendara Himawan, mengatakan bahwa ban akan lebih cepat aus jika sering melintasi jalan dengan permukaan kasar, seperti beton.

“Efeknya kepada ban kalau jalan itu keras permukaan kasar, keausan lebih cepat,” ungkap Hendra Himmawan yang dilansir dari shopanddrive via Idntimes.com.

[artikel number=3 tag=”otomotif, mobil, motor”]

3. Spooring dan balancing

Banyak kasus ban gundul hanya di satu sisi saja. Jika hal ini terjadi pada kendaraanmu, itu artinya sudah saatnya mobilmu di spooring dan balancing. Selain membuat ban menjadi lebih stabil dan enak dikemudikan.

4. Tekanan angin tidak sama antar ban

Faktor lain yang dapat membuat ban cepat aus yakni tekanan angina yang berbeda antar ban. Sehingga pastikan tekanan ban merata di semua ban. Selain itu pastikan juga tekanan angina pada ban tidak terlalu tinggi atau rendah dari yang direkommendasikan.

Itulah beberapa faktor yang bisa membuat ban menjadi lebih cepat aus. Untuk keselamatan berkendara, pastikan kalian selalu mengecek kondisi ban kalian yak! Semoga bermanfaat.