/Guna Meningkatkan Pelayanan ke Masyarakat, PT Jasa Raharja Bikin Aplikasi JR-ku

Guna Meningkatkan Pelayanan ke Masyarakat, PT Jasa Raharja Bikin Aplikasi JR-ku

PT Jasa Raharja luncurkan aplikasi baru bernama JR-ku, aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat dalam bentuk digital.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasa Raharja meluncurkan aplikasi baru.Aplikasi tersebut bernama aplikasi JR-ku, yakni digitalisasi pelayanan guna semakin tanggap melindungi masyarakat.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengungkapkan, dengan aplikasi JR-ku, nantinya penerima asuransi dari Jasa Raharja bisa mengajukan santunan secara online. Dengan begitu, tindakan santunan kecelakaan bakal bisa ditangani secara cepat oleh perusahaan.

“Oleh karena itu kami juga dituntut hadir lebih cepat pada inovasi digital yang tengah berkembang pesat saat ini,” ungkapnya di Kementerian BUMN.

Sebelumnya, klaim santunan kecelakaan dilakukan secara manual. Ini membutuhkan waktu yang lama.

Launching aplikasi jasa raharja (sulawesita.com)

Budi juga mengatakan, sebelum ada aplikasi ini proses layanan santunan kecelakaan dari Jasa Raharja sudah cepat, yakni dari 4 hari menjadi 1,5 hari saja. Maka dari itu, dia berharap dengan adanya aplikasi JR-ku ini, layanan bisa ditingkatkan lagi.

Selain bisa mengajukan santunan kecelakaan secara online, Budi juga menjelaskan bahwa dalam aplikasi ini, masyarakat juga bisa mengetahi kendaraannya sudah bayar pajak kendaraan atau belum.

Menariknya dalam aplikasi ini, tak hanya kendaraan pribadi saja yang bisa di cek melalui aplikasi ini, melainkan masyarakat juga bisa mengecek kendaraan milik orang lain yang sedang ditumpangi itu sudah membayar pajak apa belum.

“Masyarakat juga ketika naik kendaraan motor umum bisa cek apakah sudah memenuhi kewajibannya ke Jasa Raharja sehingga keterjaminan asuransinya bida dari awal,” lanjutnya.

Jika terjadi kecelakaan di jalanan, masyarakat bisa melaporkannya lewat aplikasi ini. Nantinya, data yang masuk akan diproses karena sudah bekerja sama dengan Kepolisian RI.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan juga penandatanganan perjanjian kerja sama Host to Host data antara PT Jasa Raharja (Persero) dengan PT Angkasa Pura (Persero), PT Pelni (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dan Perum Damri.

[artikel number=3 tag=”bumn, pengusaha, ekonomi”]

Melalui kerja sama Host to Host Data, Jasa Raharja memastikan keterjaminan bagi para penumpang, mempermudah pengelolaan data, variatif dan komplek sehingga dapat mengetahui potensi pendapatan sector iuran wajib dan memperoleh data pemabnding terhadap data-data yang selama ini dikirimkan oleh operator alat angkutan umum.

Tak hanya itu, Jasa Raharja juga menggandeng BNI melalui kerja sama Layanan Integrated Cash Management, yang memudahkan operator-operator alat angkutan umum dapat menyetorkan Iuran Wajib yang dipungut melalui Virtual Account.

Layanan ini diyakini mempercepat proses administrasi penyerahan santunan kepada korban atau keluarga korban dan penggantian biaya perawatan rumah sakit, sehingga dapat menunjang PRIME (Proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah dan Empat) yaitu Slogan jemput bola yang dilakukan Jasa Raharja dalam memproses penyerahan santunan salah satunya dengan mendatangi rumah korban dan rumah sakit.