/VW Beetle Atau VW Kodok Sekarang Diincar Para kolektor. Tapi Tahukah anda Jika VW kodok Adalah mobil Rakyat Pada Mulanya?

VW Beetle Atau VW Kodok Sekarang Diincar Para kolektor. Tapi Tahukah anda Jika VW kodok Adalah mobil Rakyat Pada Mulanya?

VW yang merupakan kepanjangan dari Volkswagen adalah pabrik mobil yang didirikan pada tahun 1937 oleh Serikat Dagang Nazi atau Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront). Sejarah volkswagen dilatarbelakangi kondisi sosial pada awal 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih didominasi pabrikan mobil mewah, sehingga rata-rata orang Jerman tidak mampu membelinya. Meskipun selain VW juga ada beberapa pabrik yang membuat “Mobil Rakyat” seperti Mercedes 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55,dan  Hanomag 1.3L.

Hingga pemimpin Jerman saat itu, Adolf Hitler berinisiatif untuk membuat sebuah “Mobil Rakyat” (Volkswagen). Adapun keinginan Hitler yaitu sebuah mobil standar dengankapasitas 2 dewasa dan 3 anak, juga sebuah mobil yang dapat menempuh kecepatan hingga 100 km/jam!. Hal yang paling utama adalah mobil tersebut akan memiliki harga yang murah. Harga mobil vw yaitu 990 Reichsmark, yang akan mudah dibeli karena  pendapatan rata-rata rakyat saat itu 32 Reichsmark per minggu.

Sejarah VW kodok dan proses produksinya

Sejarah mobil VW juga dilatarbelakangi oleh orang-orang hebat di belakangnya. Hitler juga memilih seorang insinyur dalam proyeknya, yaitu Dr. Ferdinand Porsche, yang saat itu sudah menjadi desainer Mercedes 170H. Porsche kemudian membuka studio desain pertamanya dalam proyek “Auto für Jedermann” yang berarti “mobil untuk semua”. Porsche bekerjasama  dengan NSU dan Zündapp yang merupakan pabrikan motor. Baru pada tanggal 22 Juni 1934 Porsche memulai proyeknya, membuatkan mobil rakyat untuk Hitler.

Poin-poin penting yang dilakukan Porsche dalam VW Beetle adalah efisiensi bahan bakar, daya tahan, penggunaan mudah, dan suku cadang yang murah dan efisien. Hal tersebut kemudian juga dikampanyekan oleh pemerintah Jerman dengan slogan  “Fünf Mark die Woche musst Du sparen, willst Du im eigenen Wagen fahren” yang berarti “Lima Marks per Minggu harus kamu simpan, Jika kamu mau mengendarai Mobil Milikmu Sendiri” 

Pada tahun 1936 barulah muncul prototipe dari VW Beetle dengan nama “ KdF-Wagen “ yang dibuat di Stuttgart. Prototipe tersebu mempunyai mesin dengan pendingin udara, 4 silinder, dan terletak di belakang. Pada mulanya nama perusahaan mobil tersebut bernama Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH ,kemudian pada tanggal 16 September 1938  diubah menjadi “Volkswagenwerk GmbH”. 


Hitler dan VW (hswstatic.com)

Desain unik dari VW Beetle adalah inisiasi dari Erwin Komenda yang merupakan desainer dari Auto Union yang mengembangkan bodi mobil ini. Pada masanya mobil VW ini adalah salah satu mobil pertama yang memiliki teknologi terowongan angin. Pabrik VW mulai beroperasi pada tanggal 26 Mei 1938 di KdF-Stadt(Wolfsburg), namun hanya dapat memproduksi sedikit karena adanya Perang Dunia II.
VW memproduksi berbagai tipe mobil, salah satunya adalah Cabriolet yang dipersembahkan pada Hitler sebagai kado ulang tahun ke 49 paad tanggal 20 April 1938. Pabrik VW ketika Perang Dunia II kemudian dialih fungsikan untuk memproduksi kendaraan militer,  di antaranya mobil Type 82 Kübelwagen, yang merupakan mobil perang VW yang paling terkenal dan jenis volkswagen Amfibi Schwimmwagen. Namun pada pertengahan perang, kota KdF-Stadt beserta pabriknya di bom oleh sekutu hingga rusak berat.