/Berikut Deretan Kota Di Indonesia yang Aman dan Nyaman Buat Solo Traveling

Berikut Deretan Kota Di Indonesia yang Aman dan Nyaman Buat Solo Traveling

Buat Kalian yang Ingin Melakukan Solo Traveling, Yuks Cobain Kunjungi Beberapa Kota Di Indonesia Ini, Dijamin Aman dan Nyaman Deh

Setiap orang memang membutuhkan liburan supaya tak jenuh dengan kesibukan padat tiap harinya, maka perlu ada liburan supaya otak dan tubuh dapat beristirahat sejenak. Berlibur memang paling seru jika dilakukan bersama keluarga ataupun teman. Namun, pernahkah kalian terpikir untuk berlibur sendirian/solo traveling?

Baru-baru ini aktivitas berlibur sendirian atau yang dikenal dengan solo traveling kini sedang banyak digemari oleh sebagian orang. Solo traveling bisa menjadi hal yang menyenangkan terlebih jika kalian sudah merencanakan secara matang.

Tak hanya itu, solo traveling juga akan membuat kalian lebih mengenal diri sendiri, meski demikian bukan berarti solo traveling itu tak memiliki resiko. Seperti isu keamanan, kesepian dan juga rasa tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, semua itu bisa kalian atasi kok dengan mengunjungi beberapa daerah yang dirasa aman dan nyaman.

Nah, beberapa waktu lalu, Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia merilis beberapa kota yang paling layak dihuni di Indonesia. Survei dari IAP ini juga bisa dijadikan acuan untuk kamu yang berniat solo traveling, karena menyangkut aspek keamanan, keselamatan, hingga fasilitas umum.

Berikut daerah di Indonesia yang aman buat solo traveling, dijamin aman dan nyaman deh:

1.Yogyakarta

Siapa sih yang enggak kenal dengan Yogyakarta, kota yang masih kental akan budayanya ini. Nah, di kota Gudeg ini kalian bisa menemukan beragam jenis wisata, mulai wisata kuliner, sejarah, budaya hingga wisata alam yang mempesona.

Untuk urusan aspek keamanan, kota Yogyakarta ini masih dinilai aman disbanding kota besar lainnya. So, nggak ada alas an lagi yak buat gak main ke Yogya meski sendirian.

Jogja, dijamin nggak bakal kesepian saat mmengunjungi kota ini (travelingyuk.com)

2.Solo

Seperti halnya dengan Yogya, Solo juga memiliki beragam jenis wisata yang dapat memanjakan traveler. Di Solo, kalian bisa menikmati beragam wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata belanja.

Untuk masalah kuliner, di Solo pun sangat terjangkau gengs. Saudara tua kota Yogya ini juga memiliki aspek keamanan yang cukup tinggi, sehingga aman untuk solo traveling.

3.Semarang

Semarang merupakan Ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang juga termasuk dalam jajaran kota tingkat atas sebagai kota layak huni di Indonesia. Fasilitas-fasilitas di Semarang dinilai cukup memanjakan bagi masyarakat dan turis. Mulai dari wisata budaya, sejarah, alam hingga kuliner juga tersedia di kota ini. Aspek keamanan Semarang pun dinilai masih di atas rata-rata.

4.Banjarmasin

Tahukah kamu, bahwa Banjarmasin merupakan kota besar yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang biasa disebut Kota Seribu Sungai ini memiliki aspek keammanan kota terbaik se-Indonesia lho.

Hal ini berdasarkan pada data IAP, yang menyebut bahwa Banjarmasin berhasil meraih nilai 73 dari 100. Angka ini juga menunjukkan Banjarmasin memiliki fasilitas kota yang lengkap, baik untuk masyarakat local ataupun para turis.

5.Balikpapan

Selain Banjarmasin, Balikpapan yang berada di Kalimantan Timur ini juga dinilai sebagai kota dengan aspek keamanan kota terbaik. Balikpapan menduduki peringkat kedua dibawah Banjarmasin dengan nilai 70.

Tak hanya itu, Balikpapan juga memiliki indeks kebersihan kota tertinggi Kota Palembang. Jadi masih ragu buat main ke kota Balikpapan?

6.Denpasar

Kota Denpasar menduduki peringkat ke empat sebagai kota dengan keamanan kota tertinggi dengan nilai 68. Selain itu, jika berbicara destinasi wisata di sekitar kota Denpasar tak perlu diragukan lagi deh. Pasalnya Denpasar dikelilingi wilayah yang terkenal dengan wisata yang memiliki paronama yang menakjubkan indahnya, seperti Ubud dan Kuta.

7.Palembang

Menurut data Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Palembang menjadi kota paling nyaman kedua di Indonesia. Palembang juga dinilai punya aspek Penataan Kota dan Fasilitas Pejalan Kaki terbaik kedua se-Indonesia.

Jadi buat kalian yang mau solo traveling ke Palembang, gak perlu ragu lagi karena Kota Pempek ini dinilai cukup aman untuk dijelajahi.

Nah, bagaimana gengs? Masih ragu untuk melakukan solo traveling? Mengingat daerah-daerah tersebut memiliki keamanan yang diatas rata-rata yang dapat membuat solo travelingmmu aman dan nyaman. Semoga bermanfaat yak.