/Beredar Beberapa Nama Menteri Kabinet Jokowi yang Baru

Beredar Beberapa Nama Menteri Kabinet Jokowi yang Baru

Beberapa nama calon menteri perempuan dikabarkan akan diangkat menjadi menteri Jokowi pada periode ke-2 nanti. Siapa saja mereka?

Beredar nama beberapa calon menteri Kabinet Jokowi yang akan kembali menjabat pada periode ke-2 ini. Di antara nama tersebut sebagian menteri lama yang telah menjabat. Beberapa lainnya nama yang belum pernah menjabat posisi strategis dalam pemerintahan. Uniknya, beberapa nama menteri perempuan juga muncul dengan porsi yang lebih banyak. Sampai sekarang memang belum ada keterangan resmi terkait perombakan menteri kabinet Jokowi-Maruf Amin karena TKN masih berfokus pada hasil quick count yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019 nanti.

Meskipun beberapa nama menteri kabinet Jokowi yang beredar belum pernah menempati posisi strategis di pemerintahan, namun beberapa nama tersebut  adalah tokoh yang membantu kemenangan Jokowi – Maruf Amin.

Jadi tidak mengherankan jika beberapa nama baru tersebut digadang menjadi menteri kabinet Jokowi Maruf. Jokowi yang harus merombak beberapa menteri di kabinetnya juga berpotensi memilih orang-orang terdekatnya. Beberapa calon menteri perempuan yang berpotensi menjabat adalah sebagai berikut.

Yenny Wahid digadang menjadi menteri baru (news.detik.com).

1.Yenny Wahid

Yenny Wahid dikabarkan menjadi salah satu nama yang akan diangkat menjadi menteri di kabinet Jokowi-Maruf Amin. Meskipun kabar tersebut belum tentu kebenarannya, namun perlu diakui bahwa Yenny memiliki peluang untuk menjadi menteri. Yenny Wahid selama ini dinilai menjadi salah satu tokoh NU yang mendukung kemenangan Jokowi meskipun tidak secara langsung. Selain perannya dalam NU, Yenny juga mewarisi pemikiran ayahnya, tidak lain adalah Gus Dur atau Abdurahman Wahid.

2. Susi Pujiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut juga masuk dalam kabar yang akan kembali diangkat menjadi menteri. Susi dinilai telah berhasil dalam menjalankan tugasnya sebagai menteri kelautan dan perikanan. Kebijakannya dalam pelarangan cantrang dan perang mealawan illegal fishing menjadikan Susi Pudjiastuti dikenal di masyarakat, baik nasional maupun internasional. Susi Pudjiastuti juga sangat mungkin menjabat kembali menjadi menteri.

[artikel number=3 tag=”Menteri, menteri Jokowi, Jokowi”]

3. Nila Moelok

Menteri kesehatan Nila Moelok juga dikabarkan akan menjadi menteri di periode ke-2 nanti. Namanya beberapa kali muncul di media pemberitaan. Namun meski begitu Nila Moelok mengeluarkan pernyataan yang berkebalikan. Ia justru tidak menunjukkan ketertarikannya menjabat menjadi menteri kesehatan. Ia berencana untuk kembali mengajar, mengingat ia juga seorang dosen.

4. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga tidak lepas dari kabar nama menteri yang akan menjabat lagi. Prestasi Sri Mulyani, baik nasional maupun internasional, menjadikan Sri Mulyani layak untuk kembali menjabat menjadi menteri keuangan. Sri Mulyani dinilai telah berhasil menyelamatkan  ekonomi bangsa melalui beberapa kebijakannya. Mantan menteri keuangan di era SBY tersebut juga mampu memberikan kebijakan yang menarik perhatian dunia internasional. Bahkan atas kebijakannya, Sri Mulyani dinobatkan menjadi menteri keuangan terbaik. Sri Mulyani layak menjadi menteri kabinet Jokowi-maaruf Amin.