Ini Dia Manfaat Peregangan Otot yang Jarang Diketahui

Sport

Tidak hanya olahraga yang baik untuk tubuh, peregangan otot juga memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat melakukan peregangan otot.

Salah satu hal yang membuat Anda merasa kurang bersemangat dan tidak bergairah, bisa jadi lantaran tidur anda kurang berkualitas. Namun hal tersebut bukan berarti anda harus malas-malasan, apalagi jika aktivitas dan kesibukan Anda memang sangat padat.

Apabila anda mengalami letih dan lesu semacam itu, jangan khawatir mungkin anda hanya melupakan melakukan peregangan otot di pagi hari. Tujuan warming up atau peregangan otot yang paling sederhana adalah dapat menyempurnakan istirahat Anda yang kurang dan dapat memberikan tenaga ekstra di pagi hari.

Berikut Ini Manfaat Stretching yang Dapat Membuat Hari Anda Lebih Bersemangat

Peregangan Membantu Tubuh Lebih Lentur dan Fleksibel (medicalnewstoday.com)

1. Fleksibilitas Lebih

Sudah rahasia umum jika peregangan dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh anda. Ketika kelentukan tubuh baik, maka Anda akan lebih mudah melakukan berbagai gerakan olahraga inti atau melakukan gerakan tubuh yang lebih kompleks. Jika otot anda lentur, maka Anda akan lebih mudah bergerak, namun jika otot kaku maka Anda terbatas dalam melakukan variasi gerakan. Hal tersebut merupakan jawaban dari pertanyaan mengapa pemanasan dalam olahraga begitu penting.

2. Memperbaiki Otot

Hal yang kadang dilupakan bahwa ketika anda melakukan berolahraga, maka otot berkontraksi secara terus menerus. Hal tersebut meninggkatkan otot dalam keadaan tertekan, peregangan dapat membantu mengembalikan kelenturan otot yang kontraksi untuk normal kembali. Selain itu peregangan dapat mendinginkan tubuh dan memperlambat denyut jantung yang berdetak cepat usai berolahraga.

3. Sirkulasi Darah yang Lancar

Peregangan juga dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh dan mengurangi gangguan kesehaatan akibat peredaran darah kurang lancar. JIka peredaran darah anda lancar, maka Anda akan terbebas dari penyakit darah tunggi atau jantung dan dapat melakukan kegiatan dengan lebih semangat.

4. Melatih Keseimbangan dan Anti Stress

Manfaat latihan kelenturan otot yang dilakukan secara rutin setiap harinya, dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi antar gerak tubuh anda. Sehingga gerakan anda akan lebih lincah dan gesit, dan membuat anda akan mudah jatuh. Selain itu melatih peregangan secara sederhana juga dapat mengurangi strees, dikarenakan peregangan melancarkan peredaran darah dan membawa nutrisi serta oksigen ke otak, sehingga membantu mengendurkan ketegangan otot  dan syaraf.