/7 Langkah Ini Dapat Jauhkan Anda Dari Risiko Penyakit Kanker

7 Langkah Ini Dapat Jauhkan Anda Dari Risiko Penyakit Kanker

Berikut beberapa  langkah yang dpat anda lakukan untuk mencegah risiko penyakt kanker

Prevalensi penyakit kanker terus mengalami peningkatan setiap tahunya, salah satu penyebabnya diakibatkan dari pola hidup yang tidak sehat. Hingga kini kanker masih menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia lantaran dapat menyerang siapa saja tanpa tanpa memperdulikan usia.

Sampai saat ini, masih belum ditemukan obat yang dapat melawan penyakit kanker. salah satu upaya yang dapat dilakukan bagi penderita kanker untuk melawan penyakit mereka adalah dengan  operasi  atau dengan melakukan kemoterapi. Namun anda jangan kawatir, penyakit kanker dapat dicegah dengan beberapa cara, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut beberapa  langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah risiko penyakit kanker

1.Hindari memakan daging panggangan.

Daging yang dipanggang ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Hasil studi dari University of Nort Carolina menyatakan konsumsi daging panggang dapat meningkatkan risiko kematian diantara pasien kanker payudara.

Saat daging (daging sapi, ungagas, babi dan domba) dimasak dengan suhu tinggi diatas bara api terbuka, daging akan memproduksi senyawa heterosiklik amino (HCA) dan Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) yang merupakan senyawa yang bersifat karsinogenik atau penyebab kanker.

Sel kanker (Hallosehat.com)

2. Melakukan aktifitas olahraga rutin

Menjaga tubuh tetap ideal penting untuk dilakukan. Jika anda telah mengalami obesitas, maka hendaknya anda melakukan diet dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Perlu diketahui, mengontrol pola berat badan akan dapat membantu anda mencegah penyakit kanker serta menghindari pertumbuhan sel kanker yang tidak normal.

3. Konsumsi Sayur Brokoli.

Dalam sayur brokoli terkandung senyawa sulphorapane yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker menjadi ganas. Konsumsi brokoli secara rutin akan membuat tubuh anda melakukan detoksifikasi racun serta mampu mencegah kekambuhan bagi pasien yang menderita kanker otak dan kanker leher.

4. Menjauhi rokok

Rokok merupakan faktor risiko terbesar bagi penyakt kanker. Baik rokok konvensional maupun rokok elektrik dapat menjadi pemicu seseorang terserang penyakit kanker.

5. Menyusui

Menyusui bayi selama satu tahun ternyata dapat menurunkan risiko terserang penyakit kanker payudara. Kegiatan menyusui ternyata dapat mengubah sel –sel yang terletak di payudara menjadi kebal terhadap sel kanker.

[artikel number=3 tag=”obesitas,kesehatan”]

6. Mulailah untuk tidak menyimpan makanan dalam wadah plastik

Salah satu bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik adalah phthalate. Diketahui phthalate merupakan senyawa kimia yang sangat karsinogen. Senyawa phthalate dapat dipicu saat plastik terpapar panas. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk menaruh makanan dalam wadah plastik saat akan dipanaskan dengan microwave.

7. Hindari stres

Sel kanker akan tumbuh semakin tidak terkontrol saat seseorang mengalami stres ataupun depresi tingkat tinggi. Oleh sebab itu, saat pasien kanker sedang menjalani terapi,  tenaga medis selalu mengimbau kepada keluarga pasien untuk dapat membantu menenangkan diri pasien agar tidak terserang stres.

Selain itu stres juga dapat menjadi pemicu kambuh bagi pasien pengidap penyakit kanker. Oleh sebab itu perlu dilakukan manajemen stres serta melakukan olahraga rutin agar pikiran tetap sehat dan tubuh tetap bugar.