/Menjaga kesehatan Tulang Saat Usia Muda Akan Membuat Tulang Kita Tetap Kokoh Saat Usia Kita Menua

Menjaga kesehatan Tulang Saat Usia Muda Akan Membuat Tulang Kita Tetap Kokoh Saat Usia Kita Menua

Dengan bertambahnya usia, kesehatan tulang kita pun semakin hari akan semakin melemah dan kehilangan kepadatan. Hal tersebut menjadikan tulang kita semakin rentan terhadap cedera, sebut saja osteoporosis, adalah peyakit tulang yang rawan menyerang kita saat usia kita menua. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa gaya hidup yang bisa kia lakukan demi menjaga kesehatan tulang kita diusia senja.

Berikut langkah langkah menjaga kesehatan tulang yang bisa kita lakukan saat usia muda.

1.Konsumsi banyak sayuran.

Vitamin C dapat membantu merangsang produksi sel pembentuk tulang, vitamin C ini banyak kita jumpai disayuran sekitar kita, sebut saja, tomat, daun papaya, cabai, kecambah dan lain sebagainya. Selain itu konsumsi sayuran juga akan membantu dalam suplai mineral dalam tubuh.

2.Latihan kekuatan

Latihan fisik sangat berguna bagi mereka yang mengalami defisiensi ekstremitas sendi bawah.Misalnya osteoarthritis atau radang sendi yang dapat membatasi kemampuan melakukan menahan beban. Kita dapat melakukan ini dengan mengangkat beban yang ringan, namun dengan pengulangan yang tinggi agar kekuatan tulang kita semakin kokoh.

Dilansir dari laman Clevelan Clinic, Cristopher travers, ahli fisiologi olahraga mengunungkapkan, hasil maksimal akan kita peroleh jika kita fokus pada peningkatan resistensi dari bobot beban yang kita gunakan. “Mulailah dengan melakukan satu hingga dua set sebanyak 10 sampai 12 pengulangan” kata dia.

Selanjutnya, “berolahraga dengan menggunakan kekuatan otot dengan intensitas yang terus dinaikan, akan turut membantu menjaga kesehatan tulang” ungkapnya. Ia juga menambahkan, untuk menghindari resiko cedera dan mendapat hasil yang maksimal, bisa kita dapatkan dengan menggunakan teknik dan pernafasan yang tepat. Namun, ia menyarankan kepada kita untuk tetap berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu sebelum memulai program latihan.

Gejala Osteoporosis (betternutrition.com)

3.Konsumsi suplemen vitamin D

Travers mengungkapkan, orang dewasa membutuhkan asupan vitamin D perhari sebanyak 100-200 IU, konsumsi vitamin ini akan sangat berguna dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Orang yang hidup didaerah dingin dan juga dengan sinar matahari yang rendah akan sangat rentan kekurangan vitamin D yang didapat dari sinar matahari.

4.Latihan menahan beban.

Latihan ini bisa kita lakukan dengan gerakan menahan gravitasi, ini merupakan latihan yang paling baik dalam membangun kekuatan tulang. Selain itu, latihan fisiklain yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tulang
adalah, berlari, naik turun tangga, gerakan aerobic , ataupun olahraga seperti basket maupun tenis.

5.Hindari rokok dan konsumsi alkohol

Traves mengatakan, merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan kepadatan tulang kita menjadi turun. Oleh sebab itu mulailah melakukan gaya hidup sehat dengan meninggalkan rokok dan konsumsi alkohol.