/Stadion Sepak Bola Megah yang Dimiliki Indonesia

Stadion Sepak Bola Megah yang Dimiliki Indonesia

Indonesia memiliki beberapa stadion sepak bola yang megah. Stadion mana saja? Simak artikel berikut ini.

Permainan sepak bola dunia selalu menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Di Indonesia sendiri berbagai pertandingan sepak bola juga sering diadakan. Dari liga tingkat desa atau kecamatan sampai dengan liga nasional. Seperti sepak bola di negara lain, sepak bola Indonesia juga sering diadakan di beberapa stadion megah.

Berbicara mengenai stadion, dunia sepak bola Indonesia patut berbangga diri dengan adanya stadion megah yang ada di Indonesia.

Selain megah, beberapa stadion juga telah memenuhi standar internasional. Beberapa stadion tersebut adalah sebagai berikut.

1.Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan

Stadion ini menjadi salah satu stadion yang akrab di telinga para penggemar sepak bola Indonesia. Stadion Gelora Bung Karno atau yang lebih akrab dengan sebutan Stadion GBK merupakan salah satu stadion terbaik di Indonesia. Stadion ini mengalami beberapa kali renovasi, sehingga fasilitas yang disediakan pun semakin lengkap. GBK mampu menampung sekitar 80.000 penonton di dalamnya. Selain digunakan sebagai tempat olahraga sepak bola Indonesia, GBK juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan lainnya.

[artikel number=3 tag=”Bola, sepak-bola, olahraga”]

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api  juga menjadi stadion termegah selanjutnya setelah GBK. Seperti namanya, stadion ini berada di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya adalah adanya billboard LED yang diletakkan di sekeliling lapangan sepak bola. Stadion bola ini patut menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.


Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa barat. (kimcipedes.com)

3. Stadion Utama Riau Pekanbaru

Dibangun pada tahun 2012 yang lalu. Stadion ini sering dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga pada tingkat nasional seperti PON RIAU, Islamic Solidarity Game, dan juga Kualifikasi Piala Asia U22 Riau, dan lain sebagainya. Stadion Utama Riau Pekanbaru menjadi salah satu stadion termegah di Indonesia karena memiliki fasilitas lengkap. Bahkan fasilitasnya telah tersertifikasi A oleh AFC. Lampu, rumput, papan skor yang sesuai standar internasional juga dimiliki stadion Utama Riau. Stadion ini layak untuk menjadi salah satu stadion terbaik, termegah, dan terbesar di Sumatera dan Indonesia.

4. Stadion Aji Imbut Tenggarong

Kapasitas penonton yang mampu ditampung Stadion Aji Imbut Tenggarong yaitu 40 ribu orang. Fasilitas penunjang yang tersedia juga sangat lengkap. Stadion ini terletak di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Stadion ini sempat populer dengan sebutan Stadion Kudungga, nama yang diusulkan mantan Ketua Umum Mitra Kukar Sugiyanto pada saat peluncuran skuad Mitra Kukar musim 2008/2009.

5. Stadion Sriwijaya Jakabaring Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya lebih dikenal dengan sebutan Stadion Jakabaring Palembang, karena letaknya yang berada di daerah Jakabaring, Palembang. Selain fasilitas dan bangunannya yang megah, stadion ini juga telah tersertifikasi A oleh AFC. Stadion ini juga sering menjadi salah satu tempat diselenggarakannya liga sepak bola atau even olahraga lainnya, baik tingkat nasional maupun internasional seperti Piala Asia, AFC Cup, serta Sea Games.